PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN ANSAMBEL CAMPURAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 1 SUMARORONG KABUPATEN MAMASA

Lidya Vica Vica(1), Andi Padalia(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v2i3.56323

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode drill yang bertujuan : (1) mendeskripsikan dan menganalisa peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumarorong Kabupaten Mamasa dalam bermain ansambel campuran melalui metode drill.(2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil penerapan metode drill terhadap kemampuan bermain ansambel campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumarorong Kabupaten Mamasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumarorong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode drill untuk peningkatan kemampuan bermain ansambel campuran siswa dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan dan terdapat 4 tahap dalam setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Nilai akhir diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan siswa dengan 4 aspek penilaian yaitu ketepatan notasi, tempo, ritmis, dan balance. (2) hasil penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan bermain ansambel campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumarorong yaitu berdasarkan  perbandingan dari hasil tes kemampuan siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan 39% dan siklus II dengan persentase 83%, dengan demikian metode drill dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan bermain ansambel campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 sumarorong.


Keywords


Metode Drill, Ansambel Campuran, SMP Negeri 1 Sumarorong

Full Text:

PDF

References


Sumber Tercetak:

A, m. C. (2011). action research . yogyakarta : pustaka pelajar .

Arikunto. (2014 ). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik . jakarta : rineka cipta .

Aryulina, d. (2007). biologi SMA dan MA untuk kelas XI . jakarta: esis.

Baskoro, w. (2005). kamus lengkap bahasa indonesia. jakarta : setia kawan .

Bastomi, s. (1992). seni dan budaya jawa. semarang : IKIP Semarang press.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Gibson. (1996). organisasi, perilaku, struktur, proses. jakarta : erlangga.

Majid, a., & Rochman, c. (2013). pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013 . bandung : PT remaja rosadakya .

Moenir. (2008). manajemen pelayanan umum di Indonesia . bandung : PT Bumi Aksara .

Moleong. (2006 ). metodologi penelitian kualitatif . bandung : PT remaja rosdakarya .

________ (2007). metodologi penelitian kualitatif edisi revisi . bandung: PT Remaha rosdakarya .

Munandar, u. (1985). mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah : penuntun bagi guru dan orang tua . jakarta : gramedia pustaka utama .

Nasional, D. P. (2014). kamus besar bahasa indonesia cetakan kedelapan belas edisi IV. Jakarta : gramedia .

Robbins, p. s. (2006). perilaku organisasi edisi sepuluh . jakarta : erlangga .

Roestiyah. (2015). strategi belajar mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

S.M., i. (2009). evaluasi hasil bealajar . yogyakarta : pustaka pelajar .

Sriyanto. (2007). strategi sukses menguasai matematika . yogyakarta : indonesia cerdas.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

________ (2009). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D . bandung: alfabeta.

________ (2010). metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung : alfabeta .

Supardi. (2006). penelitian tindakan kelas . jakarta : bumi aksara .

Tambak, s. (2014). pendidikan agama islam konsep metode pembelajaran . yogyakarta : rako jambusari .

_________ (2016). bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Al-Thariqah,, vol. 1, no. 1 .

Utomo, s. t., & dkk. (2009). PASTI (preparedness assement tools for indonesia. jakarta : HFI dan MCMC.

Sumber Tidak Tercetak:

Ahmad, s. (1986). kimia organis bahan alam karunika . jakarta : universitas terbuka

Febrianto, A. W. (2011). Pembelajaran Ansambel Musik Di Kelas 8 Pada SMP Negeri 1 Pangkah Tegal . Tanggal akses: 2 Agustus 2022. Jawa Tengah : Prodi Pendidikan Sendratasik (UNM).

Huberman, m. d. (1984). analisis data kualitatid . jakarta : Universitas Indonesia .

Juana, J. (2019). Mengikatkan Kemampuan Bermain Ansambel Musik Menggunakan Alat Musik Pianika Melalui Metode Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa . Tanggal akses: 4 Agustus 2022. Sulawesi Selatan: Program Studi Pendidikan Sendratasik (UNM).

S, A. (2003). Pengertian Peningkatan Menururt Ahli . Retrieved Agustus 7, 2022, From DuniaPelajar:http://Www.Duniapelajar. Com.Pengertian-Peningkatan-Menurut- Para-Ahli.Html/

Setianingsih. (2000). Transformasi Pendidikan. Tanggal akses: 7 Agustus 2022. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma .

Simatupang, & Nurhayati. (2005). Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar . Tanggal akses: 7 Agustus 2022. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 3 No 1 2005.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by