PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN SATAP 4 SAJOANGING KABUPATEN WAJO

Widia Astuti(1), Jamilah Jamilah(2*), Selfiana Saenal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v2i3.56322

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Role Playing serta meningkatkan kreativitas gerak tari siswa dengan memainkan peran dalam tarian Petani yang Malang pada pembelajaran seni tari kelas VIII di SMPN Satap 4 Sajoanging. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII di SMPN Satap 4 Sajoanging. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan dan terdapat 4 tahap pada setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tingkat kreativitas gerak tari  siswa dalam memainkan peran dengan tarian petani yang malang dapat dilihat pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa rata-rata 33,33% . kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa 80% sehingga kreativitas gerak tari siswa dapat dikatakan meningkat.


Keywords


Role Playing, Kreativitas, Gerak Tari

Full Text:

PDF

References


kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aqib Zainal. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: YRAMA WIDYA.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Jelly Eko Purnomo, S.Pd & zefri Yandra, S.Pd. (2021).Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Muhammad fathurohman, M.pd.I, Dr. Sulistyorini,M.AG. (2012). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta : Teras.

Muryanto S.Pd. (2020).Mengenal Seni Tari Indonesia. Semarang : Alprin

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Rizkia, N. D., SH, M., Jumanah, S. H., Sutoyo, M. A. H., Kom, S., Kom, M., ... & CSCU, I. (2022). Metodologi Penelitian. Media Sains Indonesia.

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Subagiyo, H. (2013). Roleplay untuk SMK kelas X semester 2.

Yeniningsih, T. K. (2018). Pendidikan Seni Tari: Buku untuk mahasiswa. Syiah Kuala University Press.

Ardhyantama, V. (2020). Creativity Development Based on the Ideas of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73-86..

Herlina, U. (2015). Teknik role playing dalam konseling kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94-107.

Mareza, L. (2017). Pendidikan seni budaya dan prakarya (SBdP) sebagai strategi intervensi umum bagi anak berkebutuhan khusus. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 35-38.

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.

Pratiwi, E. Y. R., & Asmarani, R. (2018). Kualitas media card dance untuk pembelajaran seni tari di lembaga pendidikan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 1-10.

Retnowati, W. F. (2018). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, 1-27.

Sundari, Riris Setyo. (2016). Pengembangan Kepribadian dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah. Semarang : Jurnal Imajinasi.

Wahyuni, S., Mering, A., & Isti, W. (2016). Penerapan Metode Role Playing pada Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11).

Yanto, A. (2015). Metode bermain peran (Role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).

Zulhijjah, A. & Desain, F.S.D. (2017). Penerapan model role playing untuk meningkatkan kreativitas gerak siswa pada pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Mappedeceng Kab.Luwu Utara.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by