TARI PUJU GALANGANJUR VERSI SIRAJUDDIN BANTANG : SUATU STUDI KASUS PEMBELAJARAN TARI KREASI DI SMKN 2 GOWA

fatima tuz zahra(1*),

(1) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v2i3.50783

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai Tari Puju Galaganjur versi Sirajuddin Bantang: suatu studi kasus pembelajaran tari kreasi di SMK Negeri 2 Gowa, dengan mengkaji aspek pembelajaran pada latar belar belakang dan pembelajaran   dan menggunakan  pendekatan teori Jazuli dalam memahami pembelajaran tari puju galaganjur, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan latar belakang tari puju galaganjur serta mengetahui pembelajaran pada tari puju galaganjur bisa dipahami secara meyeluruh, tehnik pengumpulan data menggunakan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi, temuan dalam penelitian ini adalah (1) tari puju galaganjur merupakan tarian pergaulan yang di menjadi salah satu metode pembelajaran di sekolah .(2) pembelajaran pada tari galaganjur masih memakai KTSP pada modul serta silabus dan tidak memiliki RPP pada pembelajaran dalam kelas.


Keywords


pembelajaran, puju galaganjur, sirajuddin

Full Text:

PDF

References


Anwar aziz, (4-5), Analisis nilai pendidikan dalam novel negeri 5 menara karya A. puadi. Lumbung Pustaka UNY.

Fadhallah, (2021). Wawancara. Book UNY PRESS

Ferawati Y. (2016: 3). Pembelajaran tari kreasi Bungong Jeumpa pada anak tunarungu di SLB Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang. Journal

Fahmi H. (2018: 14). Pembelajaran tari Bedaya putri pakungwati di SMK Pakungwati Kota Cirebon. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository

Gunawan Imam, (2022). Metode penelitian kualitatif teori & praktek. Diterbitkan oleh PT. Bumi aksara. Jurnal Books.

Hasana Hasyim, (2017: 26). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu. ilmu social). Jurnal At-taqaddum

Imran Izak, (2014). Musik iringan Tari Galaganjur versi H.M. Sirajuddin Bantang. Fakultas seni dan desain UNM.

Jadmoko D. (2013: 4). Relevansi Kurikulum SMK kompetensi keahlian Teknik kendaraan ringan terhadap kebutuhan dunia industry di Kabupaten sleman. Pascasarjana UNY Yogyakarta. Journal.uny.

Marson Nur Sekreningsi, (2021: 44). Menghidupkan identitas kepulauan riau melalui seni tari tradisional. Jurnal Seni budaya.

Mulyani Vivi, (2018). Makna metodologi dalam penelitian. School of communi cation science.

Nilamsan Natalia, (2014: 181). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif, journal moestopo.

Oktaliana W. (2021: 20). Penggunaan model Explicit Instruction dalam pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang pada Ekstrakurikuler Tari di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Jurnal. fkip. unilan

Pangesti RI, (2019: 495-496). Motif dan warna batik subam Kroya cilacap, student.uny

Putu Pande. (2019: 10). Pembelajaran tari krasi Satyam Eva Jayate pada ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Gianyar. Isi Denpasar. Institutional Repository.

Racmat, (2020). Bentuk penyajian pertunjukan gendrang bugis dan nilai-nilai pendidikan pada acara pattaungeng di assorong le kelurahan ompo kecamatan lalabata kab. Soppeng. Seminar nasional kearifan dalam pendidikan 202.

Sugianto, (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D. digilid. Unigres.

Wahyuni S. (2022: 2). Penerapan Kurikulum SMK 2013 revisi 2018 dalam pelaksanaan pembelajaran di provinsi Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan,

Sumber tercetak :

Buku RM. Soedarsono, (70). Metodologi penelitian seni pertunjukan dan seni rupa. Masyarakat seni pertunjukan Indonesia.

Kresnaningsih R,(2007: 3). Modul Tari Galaganjur. SMK Negeri 2 Gowa


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: [email protected]

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by