PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TANDUR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X PERHOTELAN SMKN 6 MAKASSAR

Auni Dhiyaul Islam(1*), Asia Ramli(2), Tony Mulumbot(3), Andi Baetal Mukaddas(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v2i1.44095

Abstract


Peningkatan Keterampilan Bermain Drama Dengan Metode Pembelajaran Tandur Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Peserta Didik Kelas X Perhotelan SMKN 6 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan bermain drama dengan metode pembelajaran Tandur. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki tiga tahap kegiatan dalam siklus, yaitu Pre-test Siklus I, Post-test Siklus I, Siklus II. Sehingga memberikan hasil belajar pre-test siklus 1 yaitu nilai rata-rata 32.25 ketuntasan 10,3% setelah pembelajaran di siklus I, sehingga post-test siklus 1 menjadi 51,6 ketuntasan 41.37% tetapi belum mencapai target ketuntasan. Pada siklus II nilai meningkatan menjadi 80 ketuntasan 93%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Tandur dapat meningkatkan hasil belajar Seni budaya khususnya dalam pembelajaran bermain drama pada Kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 6 Makassar.

Kata kunci: metode Tandur, hasil belajar drama.


Keywords


Metode Tandur, Hasil Belajar Drama

Full Text:

PDF

References


Abdi. (2006). Seni Budaya. Demak: Erlangga.

Asra. (2006). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

DEPDIKNAS. (2006). KamusBesar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

DePorter, Bobbi, dkk. (2002). Quantum Teaching, Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Di Terjemahan oleh Ary Nilandari Boston: Allyn and Bacon Publisher.

Hamdani, Nizar Alam dan H. Dody Hermana. (2008). Classroom Action Research. Rehayasa.

Mahdalena,. Sumiani. (2022.) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni BudayaAspek Teater Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Secara Daring Pada Siswa Kelas Xi Sman 4 Selayar. Boting Langi jurnal seni pertunjukan. Vol 1 No 2 April - Juni 2022. 48-54.

Muchlis, Mansur. (2012). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisisi Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Prusdianto, P. (2018). Pendidikan seni teater; sekolah, teater dan pendidiknya. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, 5(1), 39-37. https://doi.org/10.26858/tanra.v5i1.5794

Ramli. A. (2021). Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuileng. Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 11(2). 117-124. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20451.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003, “Sistem Pendidikan Nasional”. Online https://www.silontong.com/2017/12/21/pengertian-pendidikan/ Diakses: 27 Februari 2020.

Waluyo, Herman J. (2001). Drama “Teori Pembelajarannya”. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by