PENEKANAN (DOMINANCE) DALAM WUJUD TARI PA’JAGA LILI PADA PESTA PERNIKAHAN DI DESA ULUSALU KECAMATAN LANTIMOJONG KABUPATEN LUWU

Pratiwi Sukri(1*), Andi Jamilah(2), Andi Ihsan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universita Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v2i1.43066

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitan ini untuk mengetahui nilai estetika dalam gerak tari Pa’jaga Lili pada pesta pernikahan sebagaimana yaitu penekanan (Dominance) pada gerak tari Pa’jaga Lili pada pesta pernikahan di Desa Ulusalu Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penekanan (dominance) pada wujud tari Pa’jaga Lili menampilkan sebuah klimaks dan sesuatu yang terlihat lebih menonjol pada penampilannya. Penekanan yang tercapai digambarkan pada klimaks geraknya yang terdapat pada ragam terakhir, properti badik sebagai simbol kemenangan ketukan alat musik yang iramanya cepat, menjadikan sebuah penonjolan didalamnya.

ABSTRACT

The purpose of this research is to find out the aesthetic value in the Pa'jaga Lili dance at a wedding as the emphasis (Dominance) on the movement of the Pa'jaga Lili dance at a wedding in Ulusalu Village, Latimojong District, Luwu Regency. The type of research used is qualitative research with data collection techniques carried out by observation, interviews, documentation and literature study. Data analysis techniques in this study: 1) Data reduction, 2) Data presentation, 3) Conclusions. The results of this study indicate that Emphasis (dominance) on Pa'jaga Lili's dance form displays a climax and something that looks more prominent in her performance. The emphasis that is achieved is described in the climax of the movement found in the last variety, the property of the badik as a symbol of victory for the beat of a musical instrument with a fast rhythm, making a protrusion in it.


Keywords


Estetika, Tari Pa’jaga Lili, Pernikahan

Full Text:

PDF

References


ABD Shomad, Hukum Islam Penormaan Prinsip Syariah dalam Hukum Indoneisa, (Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010), h. 272-275

Asyifah Chaedar, Jamilah,T,T. 2022.Tari Pakarena Bulutana Dendang Ri Dendang Pada Upacara Pernikahan Di Kelurahan Bulutana.Boting Langi Jurnal seni Pertunjukan.1(2). 63-73

Djelantik, A. A. M., Rahzen, T., & Suryani, N. N. M. (1999). Estetika: sebuah pengantar. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Feeniy, Stephanie., Christensen, Doris., Moravcik, Eva. 2006. Who Am I in The lives of Children. Ohio: Merril Prentice Hall.Gie, T. L. (2004). Filsafat Keindahan. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna (PUBIB).

Gie, The Liang. 1976. Garis Besar Estetik (Filsafat Keindahan). Jogjakarta: Karya Jogjakarta.

Hadi, Y. S. (2007). Kajian Tari: Teks dan Konteks. Pustaka Book Publisher.

Hidayat, Robby. 2011. Koreografi dan Kreativitas. Yogyakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia.

Ika Adriana Halid, Andi Ihsan, 2022.Bentuk Penyajian Gendang Rebana Sere Di Desa Ulusaddang Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Boting Langi jurnal seni pertunjukan.1(2).55-62

Kurniati. 2013. Struktur Dan Fungsi Tari Pa’jaga Lili Desa Ulusalu Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Fakultas Seni dan Desain. Universitas Negeri Makassar.

Koentjaranigrat, 2009. Pengantar ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurwanti, 2018. “Integrasi Kebudayaan Islam Dalam Adat Pernikahan Masyarakat desa ulusalu kecamatan latimojong kabupaten luwu”, skripsi (Makassar, 2018).

Poertwadarminta. 1983. Tari Tradisional Sulawesi Selatan. Ujung Pandang: Bakti Berita Utama.

____. 1984. Kamus Kesar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Saiful Rahmat, Pupu. Jurnal Penelitian Kualitatif, Equilibrium, Vol 5, No 9, Januari – Juni 2009, hal 6.

Siti Rahmadani Nur Bakhtiar, Nurlina Syahrir, 2022.Gerak Burung Enggang Betina Cura Enggang: Penciptaan Tari. Boting Langi jurnal seni pertunjukan.1(2).74-78

Soedarono, R.M. 1977. Tarian Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: ASTI.

____. 1986. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari dalam Pengetahuan Elemen

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktotar Kesenian.

Wahyudiyanto. 2008. Pengetahuan Tari. Surakarta: CV. Cendrawasih

Wardhana, Wisnoe. R.M, 1990 Pengertian Tari. (Buku Guru Sekolah Menengah Pertama). Jakarta. Depdiknas


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by