NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PERTUNJUKAN MONOLOG "OPUTA YI KOO" DI SMA NEGERI 1 BAUBAU

Devalia Wahid Salsabillah(1), Asia Ramli(2*), Andi Padalia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v2i1.42962

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam acara monolog Chendy Ariswan Latief “Oputa Yi Koo”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk lakon monolog Oputa Yi Koo SMA Negeri 1 Baubau dapat ditemukan dalam bentuk teks drama dan teks pertunjukan yaitu bentuk naskah lakon, tema, tokoh, dialog, deskripsi (nebentex), plot, latar belakang, mandat sinopsis dan struktur dramatik menggunakan teori Aristoteles dan Gustaf Freytag tentang awal, tengah dan akhir. (2) Nilai-nilai pendidikan dalam tayangan monolog SMA Negeri 1 Baubau “Oputa Yi Koo” ditemukan nilai-nilai pendidikan yang dapat digalakkan di SMA Negeri 1 Baubau antara lain pendidikan agama, pendidikan sosial budaya,  pendidikan moral,  pendidikan estetika. nilai, dan  pendidikan literasi.

 

ABSTRACT

 This research is a content analysis research to identify and describe the educational values contained in Chendy Ariswan Latief's monologue “Oputa Yi Koo”. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation which were then analyzed descriptively. The results of this study indicate that (1) The form of the monologue play Oputa Yi Koo SMA Negeri 1 Baubau can be found in the form of drama text and performance text, namely the form of play script, theme, character, dialogue, description (nebentex), plot, background, synopsis mandate and dramatic structure using Aristotle and Gustaf Freytag's theory of beginning, middle and end. (2) Educational values in the monologue of SMA Negeri 1 Baubau "Oputa Yi Koo" found educational values that can be encouraged at SMA Negeri 1 Baubau, including religious education, socio-cultural education, moral education, aesthetic education. values, and literacy education.


Keywords


Nilai pendidikan, Pertunjukan monolog " Oputa Yi Koo", Deskriptif kualitatif.

Full Text:

PDF

References


Abidin, N. R. Z. 2020. Literasi sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik (jujur dan bertanggung jawab). Jurnal Nasional Seminar Pascasarjana. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mukti, Shofia Hamdallah. 2022. Perjuangan Jenderal Soedirman Mengangkat Kepemimpinan Pelajar SMA Dalam Perang Gerilya. Webinar Dewan Profesor: Universitas 11 Maret. Atau. 5, No.1.

Ramli, Asia. 2018. Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng: Menghadirkan Identitas, Nilai dan Aktivitas Sosial Budaya Masyarakat Pesisir Bugis-Makassar. (Disertasi). Semarang: Graduate Diploma dari Universitas Negeri Makassar.

Ramli, Asia. 2021. Nilai-nilai pendidikan dalam pementasan teater rakyat Kondobuleng. Jurnal Publikasi Pendidikan. 11 volume. Nomor 2.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Riantiarno, N. 2011. Buku Teater: Tanya Jawab Terkait Seni Pertunjukan. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, Vin. 2016. Educational Process Standard Oriented Learning Strategies. Ĝakarto: Prenadamedia Grupo.

Tahara, Tasrif. 2011. Melawan Stereotipe: Etnografi, Reproduksi Identitas dan Dinamika Terabaikan Masyarakat Katobengke Buton. Jakarta: Perpustakaan Populer Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by