PENGELOLAAN PENDIDIKAN SENI DI PAUD DENGAN MODEL COLLABORATION PENTAHELIX

Muh Kurniawan Adi Kusuma Wiharja(1*), Hartono Hartono(2), Syakir Muharrar(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i4.41607

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah kesempatan bagi peserta didik dalam hal ini anak usia dini agar dapat mengembangkan semua potensi diri termasuk kemampuan kognitif dan motorik kasar maupun halus. Beberapa kegiatan di paud juga dirancang sedemikian rupa untuk membantu mengembangkan potensi peserta didik dan motoriknya. Tulisan ini memberikan pandangan mengenai pengelolaan pendidikan seni di paud dengan menggunakan model kolaboratifn pentahelix. Metode penelitian dilakukan dengan kajian literatur. Hasil penelitian mengungkapkan pentingnya pelaksanaan pendidikan seni di paud, dan menawarkan pengelolaan pembelajaran seni di paud berbasis kolaboratif pentahelix


Keywords


PAUD, Pendidikan Seni, Kolaborasi Pentahelix

Full Text:

PDF

References


Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998

Anggreni, M. A., Sumantri, S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2022). Kompetensi Guru dalam Penerapan Budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1585

Anisa, I., Monicha, W., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Pembelajaran KB Itu sangat Penting , ini berfungsi Menyusun tujuan pembelajaran yang diramcang sebelumnya . Selanjutnya tujuan dari. Jurnal Multidisipliner, 01(01), 175–187.

DA Santosa. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini Didik Ardi Santosa Progdi PG-PAUD Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET E-mail: Journal of Chemical Information and Modeling, 26(Vol 26 No 01 (2019): PAWIYATAN), 78–88. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/877

Eva Kristiani. (2018). Berguna dari Clap hand games untuk mengoptimalkan aspek cogtivite dalam pendidikan anak usia dini. Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tembusai, 2(2), 162–169.

Evivani, M. (2020). PERMAINAN FINGER PAINTING UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. 05(01). https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.427

F, W. (2017). Implementasi nilai karakter jujur di Sekolah Bunda PAUD Kerinci. Nur El-Islam, 4(2). https://www.academia.edu/download/56688125/75-139-1-SM.pdf

Krisnanik, E., Saphira, Q., Intan, D., & Indriana, H. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021, 1–5.

Kusumastuti, E. (2004). Pendidikan seni tari pada anak usia dini di taman kanak-kanak tadika puri cabang erlangga semarang sebagai proses alih budaya. Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 4(1), 88–100.

Linda, S., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. 4, 1399–1407.

MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Maulina, I., & Budiono, A. (2021). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 7 Nomor 3 Tahun 2021 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR VANSHEAD KENDAL Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muh. 7, 37–45.

Munawaroh, S., Nurwijayanti, A. M., & Indrayati, N. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar. Community of Publishing in Nursing (COPING), 7(1), hlm. 54.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.

Nurul Kusuma Dewi, S. (2018). STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENI RUPA. 190–195.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. 4(1), 91–100.

Rohamah, T., Nirmala, I., Putri, F. E., Pendidikan, S., Anak, I., Dini, U., & Karawang, S. (2021). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 5, 3497–3507.

Sahara, Z. I., Muslihin, H. Y., & Mulyana, E. H. (2021). Studi kasus keterlambatan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini di taam futuhal arifin. 5(1), 124–128.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

UU no 20 tahun 2003 Sisdiknas

Wahyudi1, I. N., & Iman Nurjaman2. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. 7(2).

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wulandari, Y. P., Putri, N. S., & Farahdita, D. (2019). Transformasi Peran PAUD Sebagai Pendekatan Pengelolaan Lingkungan Hidup Berbasis Masyarakat. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 4(1), 11–22.

Yulianingsih, W., Susilo, H., Nugroho, R., & Soedjarwo. (2020). Optimizing Golden Age Through Parenting in Saqo Kindegarten. 405(Iclles 2019), 187–191. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.039

Yulianto, R. E. (2020). Pendidikan Seni Untuk Membentuk Manusia Ideal Pada Sekolah Umum. Jurnal Imajinasi, XIV(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/27685


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by