MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): OBJEKTIFIKASI KRITIS PENDIDIKAN SENI
(1) Program Studi Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i4.41404
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrews, S., & Skoczylis, J. (2022). Prevent, Ideology and Ideological State Apparatus: Analysing Terrorism Prevention Policies Using Althusser’s Framework. Millennium: Journal of International Studies, 50(2), 405–429. https://doi.org/10.1177/03058298211063929
Anggraeni, R., & Wijaya, E. (2019). Pengantar mengenai Hegemoni dan Hukum: Menyoal Kembali Bekerjanya Hukum di Masyarakat. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 8(4), 494. https://doi.org/10.24843/jmhu.2019.v08.i04.p05
Arifin, J. (2021). Hegemoni Bahasa Bugis Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat Kelurahan Olo-Oloho Kabupaten Kolaka Utara. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.62
Aurea De Carvalho Costa. (2021). Gramsci: The Cross Matching Of An Individual Experince And An Analysis Of Historical reality As A Critique Of Capitalist Education. Revista HistedBR On-Line, 21, 1–21. https://doi.org/10.20396/rho.v21i00.8659721
Connie Chairunnisa. (2015). Hubungan Tata Kelola Universitas dan Profesionalitas Dosen, Dengan Mutu Layanan Pendidikan. FAKTOR: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(April), 49–58.
Debora Klippel Fofano, Hi. L. R. (2021). Ideologia E Educação Na Perspectiva De Louis Althusser. Educação Em Revista, 37, 1–18. https://doi.org/10.1590/0102-4698232216
Doringin, F., Prihanto, J. N., Wahana Dika, L., & Tarigan, N. M. (2020). Mengevaluasi Tata Kelola Lembaga Pendidikan Menggunakan Konsep Total Quality Management. Jurnal Humanipreneur, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.53091/jhup.v1i1.15
Eq, N. A., & Suryad;, S. M. (2020). Model Konspeptual Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Mutu di Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131–152. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1629
Falah, F. (2020). Kepercayaan dan Hegemoni dalam Cerpen “Dukun yang Selamat” Karya Joni Hendri (Kajian Hegemoni Gramsci). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 15(1), 36–44. https://doi.org/10.14710/nusa.15.1.36-44
Ghazalba, M. A. (2020). Ideologi dan Hegemoni dalam Shalawatan (Study ff The Ideology of Althusser and Gramsci’s Hegemony). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 15(1), 105–117. https://doi.org/10.14710/nusa.15.1.105-117
Ismulyadi, C. (2021). Kapitalisme Pendidikan vs Salafisme Pendidikan dalam Menghidupkan Karakter Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 648–657. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1837
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045
Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60
Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951
Palettei, A. D., Sulfemi, W. B., & Yusfitriadi. (2021). Tingkat Pemahaman Kepala Sekolah, Guru, Dan Komite Sekolah Terhadap Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1592
Qoriah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Analisis Guru dalam Menjaga Tata Kelola Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 549–557. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1453
Rachmat, R. (2021). Refleksi Kritis Pada Pembelajaran Seni. Nuansa Journal of Arts and Design, 4(2), 19. https://doi.org/10.26858/njad.v4i2.14566
Rahman, A. H. A., Sungit, F., & Rashed, Z. N. (2021). Tantangan Manajemen Sekolah dalam Tata Kelola di Maahad Integrasi Tahfiz Sains Selangor. Judicious, 2(2), 174–182. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.531
Rahman, A., Zulkifli, & Juanda. (2020). Ruang Lingkup Inovasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. JPKN Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 179–191.
Ridwan, F. (2022). Mutu Pendidikan Pesantren. ALACRITY : Journal of Education, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i1.56
Ruggieri, M. (2021). Eco and Gramsci: Unexplored Connections in Cultural Studies. Italian Studies, 76(4), 421–435. https://doi.org/10.1080/00751634.2021.1923177
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230
Steimberg, R. (2022). Althusser and the Absolute Beginning. Rethinking Marxism, 34(1), 25–40. https://doi.org/10.1080/08935696.2022.2026748
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379
Tumoka, I. M. R. (2021). Kebijakan Tata Kelola Layanan di Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sorong. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.688
Wardani, A. N. (2019). Hegemoni Maskulinitas dalam Under The Greenwood Tree Karya Thomas Hardy. Jurnal Satwika, 2(2), 68. https://doi.org/10.22219/satwika.vol2.no2.68-78
Wise, K. (2019). Ideological State Apparatuses in Dystopian Novels. Digital Literature Review, 6, 8–19. https://doi.org/10.33043/dlr.6.0.8-19
Article Metrics
Abstract view : 326 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Boting Langi indexed by