PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI TARI NUSANTARA PADA SISWA KELAS X DI MAN BANTAENG

Andi Irnawanti Nurzak(1), Sumiani Sumiani(2), Selfiana Saenal(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i4.40763

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui (I) Bentuk media pembelajaran audio visual dalam pelajaran tari nusantara pada siswa kelas x di MAN Bantaeng (2) Penerapan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan tari nusantara pada siswa kelas x di MAN Bantaeng. Ujian ini merupakan penelitian kegiatan ruang belajar (PTK) yang menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari penyusunan, pelaksanaan, persepsi, dan refleksi. Metode pengumpulan informasi yang diselesaikan dalam tinjauan ini menggabungkan persepsi, tes, dan dokumentasi. Pemeriksaan informasi yang digunakan adalah kuantitatif. Subyek dalam tinjauan ini adalah 21 siswa kelas X mia 1, yang dimaksudkan untuk mengembangkan siswa lebih lanjut keterampilan tari nusantara pada mata pelajaran seni budaya aspek wiraga, wirasa dan wirama. Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena selama dalam melakukan 2 siklus dengan diterapkannya media audio visual keterampilan tari nusantara pada siswa kelas X meningkat menjadi 85%.


Keywords


Penerapan, media audio visual, keterampilan, tari nusantara

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Anita sri. 2009. Teknologi pembelajaran, Surakarta: UNM Press

Andriyanto Novran. 2019. Tari nusantara dalam gambar ilustrasi cover buku tulis sebagai salah satu media pengenalan warisan kebudayaan tradisional pada anak-anak. Jurusan seni rupa FBS UNNES.

Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali hal.19

Anam Khoirul. 2015. Pengaruh Media Pembelakaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkala. Jurusan Agama Islam UMSurabaya.

Daryanto, Tutik. 2012. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Febry Fahreza, Mardhatillah, Anita. 2020. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di Kelas Ii Sd Negeri Suak Timah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, Volume 7 No. 2.

Fathurohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama Bandung.

Firmadani. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Konferensi Pendidikan Nasional.

Haris, Abdul, 2017. Metode pekam melalui pemanfaatan property untuk meningkatkan kreatifitas pembelajaran Seni Tari Di Kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Skripsi. Pendidikan Sendratasik Seni dan Desain. Universitas Negeri Makassar.

Iain Purwokerto. 2004. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan (sbk) pada siswa kelas IV A mi Negeri karangsari kembaran banyumas tahun pelajaran 2013/1014

Latuheru, john. 2002. Dalam proses belajar mengajar masa kini. Makassar: Makassar state University press.

Jamilah dan Saenal, S. 2021. Seminar nasional kearifan local dalam Pendidikan seni di era kemajuan teknologi. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahdalena. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Aspek Teater Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Secara Daring Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Selayar. Skripsi Pendidikan Sendratasik. Universitas Negeri Makassar.

Novi Endah Aprilliani. 2019. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Peserta Didik Kelompok B Di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Nurul Jadid Sepande Sidoarjo. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Oemar Hamalik. 2004. Kemampuan Belajar. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Rillasari. 2019. Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Seni Tari Nusantara Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Barru. Fakultas Seni Dan Desain. Universitas Negeri Makassar.

Lautfer Ruth. 1999. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No. 2.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Jl. Gegerkalog Hilir No. 84 Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Jl. Gegerkalog Hilir No. 84 Bandung.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini. Jakarta PT. Prehallindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sustiawati Luh. 2011. Kontribusi Seni Tari Nusantara Dalam Membangun Pendidikan Multikultur. Jurnal Seni Budaya, Vol. 26, No. 2.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syakhruni, Prusdianto Dedikas. 2020. Pengkaryaan tari kreasi di SMP Negeri 3 Bissappu Kabupaten Bantaeng.

Sadirman. 2007. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta:pt raja grafindo persada

Sukmawati Fatmah, 2021. Media Pembelajaran, Penerbit Tahta Media Group, Grup Penerbit CV Tahta Media Group.

Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Yusdi. (2015). Tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP negeri 1 purworejo dalam melakukan guling depan. Yogyakarta.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta Kencana Prenada Media.

Wardani lia. 2019. Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya dan keterampilan siswa kelas IV sekolah dasar negeri 004 rambah samo. Indonesia journal of basic education.

Winarno. 2017. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Budaya Sub Materi Musik di SMK Negeri 03 Salatiga. Skripsi Pendidikan Seni Drama, Tari, Dan Musik. Universitas Negeri Semarang.

Zubaidah Siti. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar.

Sumber Lain:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/tari-nusantara-pengertian-sejarah-dan-jenis-jenisnya-1v5lh5eeXei

https://sites.google.com/view/situs-resmi-ppdb-man-bantaeng/halaman-muka

https://brainly.co.id/tugas/14306953


Article Metrics

Abstract view : 276 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: [email protected]

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by