PANDANGAN TERHADAP IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SELAYAR

Fitriani A. M.(1*), Sumiani Sumiani(2), Selfiana Saenal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i3.39054

Abstract


This research is survey research. The data collection techniques used in this study include observation, interviews, documentation and questionnaires. The data analysis carried out is qualitative. The object of this research is 60 students of class X, which aims to describe the views on the implementation of the scientific approach in learning the theory and practice of dance. Qualitative data were obtained from student responses during the research. The results showed that: (1) For dance theory learning from 60 (100%) students there are 5 students (8.3%) who are not aware and 55 students (91.6%) are aware of the observing stage and 7 students (11.6%) are not aware and 53 students (88.3%) realized that there was a reasoning stage in the scientific approach in learning dance theory. Meanwhile, in the questioning, trying and communicating stage, all 60 students were aware of this stage in learning dance theory. (2) From the results of research in learning dance practice from 60 students (100%) there are 5 students (8.3%) who are not aware and 55 students (91.6%) are aware of the trying stage and 3 students (5%) are not. realized and 57 students (95%) realized that there was a reasoning stage in the scientific approach in learning dance practice. Meanwhile, in the stage of observing, asking, and communicating, all 60 students were aware of this stage in learning dance practice. Keyword: Perseption, implementation, scientific

 

Penelitian ini menggunakan metode survei. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 60 orang siswa, yang bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan terhadap implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran teori dan praktek seni tari. Data kualitatif diperoleh dari respon siswa selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk pembelajaran teori seni tari dari 60 (100%) siswa terdapat 5 orang siswa (8,3%) tidak menyadari serta 55 orang siswa (91,6%) menyadari adanya tahap mengamati dan 7 orang siswa (11,6%) tidak menyadari serta 53 orang siswa (88,3%) menyadari adanya tahap menalar pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran teori seni tari. Sedangkan dalam tahap menanya, mencoba dan mengkomunikasikan dari 60 siswa semua menyadari adanya tahap tersebut dalam pembelajaran teori seni tari. (2) Dari hasil penelitian dalam pembelajaran praktek seni tari dari 60 siswa (100%) terdapat 5 orang siswa (8,3%) tidak menyadari serta 55 orang siswa (91,6%) menyadari adanya tahap mencoba dan 3 orang siswa (5%) tidak menyadari serta 57 orang siswa (95%) menyadari adanya tahap menalar pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran praktek seni tari. Sedangkan dalam tahap mengamati, menanya, dan mengkomunikasikan dari 60 siswa semua menyadari adanya tahap tersebut dalam pembelajaran praktek seni tari. Kata Kunci: Pandangan, Implementasi, Saintifik


Keywords


Perseption; implementation; scientific

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. PT Refika Aditama. Jakarta

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Cetakan 1.

Gava Media. Yogyakarta

Djamaliuddin, Ahdar, & Wardana.2019.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: CV Kaaffah Learning Center.

Elkarimah, Mia Fitrah. 2018. Penerapan Saintifik pada Pembelajaran PAI. Jurnal SAP. Vol 3, Nomor 1, Agustus 2018

Haling,ABD, & Pattaufi.2017.Belajar dan Pembelajaran.Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Husnah,Aimmatul.2014.”Tingkat Pemahaman Konselor Terhadap Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 di SMA Se-Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013-2014”. Jurusan Bimbingan dan Konseling.Fakultas Ilmu Pendidikan.U niversitas Negeri Semarang.

Kodir,Abdul.2018.Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Beerpusat Pada Siswa.Bandung: Pustaka Setia

Kosasih, E.2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya

Musfiqon,HM, & Nurdiansyah.2005.Pendekatan Pembelajaran Saintifik.Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Mulyasa, E.2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Pahrudin, Agus, & Dona Dinda Pratiwi.2019.Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran.Lampung; Pustaka Ali Imron.

Pandangan.2008.Pada KBBI Daring. Diambil 12 Februari 2022, dari https://kbbi.web.id/pandangan.html.

Pendekatan.2012.Pada KBBI Daring.Diambil 12 Februari 2022, dari https://kbbi.web.id/pendekatan.html.

Rahmat,Jalaluddin.1999.Psikologi Komunikasi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet I, VI. PT Grafindo Persada. Jakarta

Shaleh, Abdul Rahman & Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana

Sahabuddin .1997. Mengajar dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Ujung Pandang: FIK IKIP Ujung Pandang

Slameto .2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Syaukani , dkk. 2006. Otonomi Daerah dalam Negara kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Usman, Nurdin. 2005. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.

Utami, Ika Budi.2015.”Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas II SDN Prembulan, Pandowan, galur, Kulon Progo”.Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tyas, Aprilia Enggaring.2015.”Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari Kelas XI IS 1 di SMA Negeri 1 Magelang”.Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang

Walgito, Bimo.2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by