Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa
Arsad Bahri
(1*),
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.35580/bionature.v17i2.2840
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, kemampuan akademik, dan interaksi keduanya terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan Fisiologi Hewan di Jurusan Biologi FMIPA UNM. Penelitian ini adalah quasi eksperimen, yaitu dua sampel diberi perlakuan strategi pembelajaran berbeda yakni strategi Reading Questioning, and Answering (RQA) dan multistrategi dengan mempertimbangkan kemampuan akademik awal mahasiswa. Pengumpulan data hasil belajar kognitif dilakukan dengan menggunakan tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil belajar kognitif mahasiswa yang diajar dengan RQA 12,57% lebih tinggi dibandingkan dengan multistrategi; (2) ada pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil belajar kognitif mahasiswa berkemampuan akademik atas 18,01% lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa berkemampuan akademik bawah. (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Skor hasil belajar kognitif tertinggi pada kombinasi RQA dan kemampuan akademik atas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pengajar mengimplementasikan strategi pembelajaran RQA pada perkuliahan yang lain dan mempertimbangkan aspek kemampuan akademik dalam pemilihan strategi pembelajaran.
Kata kunci: Reading Questioning Answering, Hasil Belajar Kognitif, dan Strategi Pembelajaran
Article Metrics
Abstract
view : 1253 times |
PDF view :
1076 times
Refbacks
Copyright (c) 2017 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.