INOVASI PENGOLAHAN KELAPA MENJADI VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI SMAN 1 CAMPALAGIAN

Hartati Hartati(1), Sumiati Side(2), Halifah Pagarra(3), Sahribulan Sahribulan(4*), Rachmawaty Rachmawaty(5), St.Fatmah Hiola(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) ID Sinta: 6744661, Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kelapa merupakan salah satu komoditas hasil pertanian yang besar di Kecamatan Campalgian Kabupaten Polewali Mandar. Kelapa di Kecamatan Campalgian semala ini hanya diolah menjadi kopra karena masyarakat Campalagian belum mengenal pengolaha kelapa menjadi minyak murni/virgin coconut oil (VCO). VCO memiliki banyak manfaat bagi diantaranya untuk masakan, pengbatan, penambah imun, dan baik untuk perawatan kulit dan kecantikan.  Selain itu, proses produksi VCO sangatlah mudah dan peralatan yang digunakan sangat sederhana, sehingga produk VCO sangat berpotensi dikembangkan di daerah Campalagian. Oleh karena itu, Kegiatan Pelatihan Pembuatan VCO dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakan Universitas Negeri Makassar di SMAN 1 Campalagian sebagai mitra dan revresentatif masyarakat Campalagian. Tim telah berkolaborasi dengan mitra dalam rangka menjadikan pelatihan ini menjadi bagian dari pembelajaran siswa-siswi SMAN Campalagian dalam matapelajaran bioteknologi. Selain itu, dapat melatih siswa untuk berwirausaha, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Campalagian. Solusi yang ditawarkan dalam mengatasi permasalahan mitra adalah memberi pelatihan tentang: (1). Cara pengolahan kelapa menjadi VCO dan (2). Cara pengemasan dan pelabelan. Setelah kegiatan selesai Tim melakukan monitoring dan evaluasi kepada mitra  dengan pemberian angket, khususnya pada guru dan siswa yang mengikuti pelatihan untuk mengetahui pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan mereka dari hasil pelatihan ini.  Berdasarkan evaluasi yang dilakukan melalui pengisian angket terhadap kegiatan ini, rata-rata skor hasil respon peserta terhadap kegiatan ini menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai 89,0.


Full Text:

PDF

References


Aziz, T., Alga, Y. & Sari, A.P. (2017). Pembuatan Virgin Coconut Oil (Vco) dengan Metode Penggaraman. Jurnal Teknik Kimia, 2(23).

Badan Pusat Statistik. (2020). Kabupaten Polewali Mandar dalam Angka. Badan Pusat Statistika.

Fizzaria K, Priyadi, Mangiring W., Kurniawati N. (2021). Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil dengan Metode Fermentasi Alami Termodifikasi untuk Peningkatan Pendapatan Kelompok Wanita Tani Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. 3(1) : 62-69.

Harianingsih & Kusumaningsrum M. (2018). Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Di Patemon Gunungpati Semarang. Jurnal Abdimas Unwahas. 3(1) : 36-39.

Putri S.I. Azis R. Akolo. I.R. (2019). Pelatihan pembuatan VCO untuk meningkatkan penghasilan masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(2): 197-200.

Retno, R.S., Pujiati & Utami, S. (2016). Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Secara Fermentasi di Desa Belotan, Bendo, Magetan. Jurnal Terapan Abdimas. 1(1).

Rindengan, B. (2003). Pengembangan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) untuk industri farmasi dan kosmetika. Makalah disampaikan pada Aplikasi Teknologi Pascapanen Komoditas Perkebunan, Makassar, 2-7 September 2003.

Rini, S.P. dan Ali A. (2021). Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Desa Bulo Wattang sebagai Tindakan Preventif untuk Menjaga Kesehatan Masyarakat. Jurnal Panrita Abdi Universitas Hasanuddin. 5 (1):8-16.

Widiyanti, R. A. (2015). Pemanfaatan Kelapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) sebagai Antibiotik Kesehatan dalam Upaya Mendukung Visi Indonesia Sehat 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. 21 Maret 2015.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 7 times