PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL-SOAL HOTS DI KAB. GOWA

Abd Muis(1*), A Mushawwir Taiyyeb(2), Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi bagi peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik adalah dengan membiasakan peserta didik mengerjakan soal-soal HOTS dalam proses pembelajaran. Berdasarkahn hasil observasi awal yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa dalm pembelajaran guru telah melakukan penilaian berbasis HOTS, namun masih banyak yang merasa kesulitan untuk mengembangkan soal HOTS yang baik. beberapa guru masih cenderung mengadaptasi soal-soal yang telah ada. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberikan pelatihan penyusunan soal HOTS. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap yang meliputi pemberian materi, diskusi, praktik dan kerja mandiri. Selain itu juga dilakukan evaluasi dengan menggunakan angket kepuasan.  Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa  Ada peningkatan kemampuan guru peserta pelatihan dalam membuat soal-soal HOTS yang dibuktikan dengan soal-soal yang telah dikembangkan. Selain itu Hasil respon peserta menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat ini memiliki skor rata-rata 3,79 (Kriteris Sangat Baik).

 

Kata kunci: Soal, HOTS, Pelatihan Guru


Full Text:

PDF

References


Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak. Kemdikbud. 2020. Pedoman BDR SE Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/5b9eda821425005

Asrul, Rusydi A, Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. hal 74.

Awaliyah, S. 2018. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills Bagi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS). http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p48-55

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Kristanto, P., & Setiawan, P. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370-376. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37616

Razak, A., Santosa. T.A, Lufri, Zulyusri. 2021. Meta-Analisis: Pengaruh Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Lesson Study Siswa Pada Materi Ekologi dan Lingkungan Pada Masa Pandemi Covid-19. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1) Juni 2021. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2930

Rohim, Dhina Chaya. 2019. Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 4 No. 4 Tahun 2019. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.374

Sari, NRH., Suprijono. A,. 2022. Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skills Terhadap Kemampuan Literasi Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krian Pada Mata Pelajaran Sejarah. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Vol 12 No 4 Thn 2022. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/47914

Wahidmurni. (2018). Pengembangan Penilaian Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Kegiatan Workshop Pengembangan Penilaian Kurikulum 13 Bagi Guru-Guru Madrasah Aliyah Negeri Batu, 1–19

Widana, I. W. (2017). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 8 times