PENYULUHAN GEMAR MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN (TPA) AL-IKHLAS MUHAMMADIYAH GALESONG UTARA

Laelah Azizah(1*), Misnah Mannahali(2), Syamsu Rijal(3), A. Mushawwir Taiyeb(4), Femmy Angreany(5), Alamsyah Alamsyah(6), Arlian Fachrul Syaputra(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) 
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Literasi merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari seseorang. Khususnya iterasi bagi anak-anak merupakan suatu kemampuan yang penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Literasi sangat penting bagi anak-anak karena memiliki dampak positif yang luas pada perkembangan mereka dan masa depannya. Kemampuan literasi dasar dapat diperoleh dengan cara membaca, menulis, menyimak, berhitung dan berbicara. Dalam pengabdian ini dikhususkan pada literasi membaca dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca anak. Kegiatan yang dilaksanakan seperti pengenalan literasi dan pentingnya literasi, gerakan literasi beruapa membaca cerita bergambar, penyediaan pojok baca sehingga pada saat istirahat, peserta didik dapat mengunjungi pojok baca tersebut. Dengan diadakannya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai kegiatan yang membantu menumbuhkan minat baca anak dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Bangsa. Literasi merupakan investasi yang sangat berharga dalam masa depan anak-anak. Itu membantu mereka tumbuh menjadi individu yang terdidik, berpengetahuan, dan berdaya saing, serta memiliki peluang lebih besar untuk meraih sukses dalam berbagai aspek kehidupan peserta didik. 


Full Text:

PDF

References


Ariani, S. E. M., & Sukarno, S. (2020). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Negeri Bumi 1 Kota Surakarta. Didaktika Dwija Indria, 8(4).

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A principal's guide to literacy instruction. Guilford Press.

Elita, I. N. U., & Supriyanto, A. (2020). Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Harefa, H. S. A., Sari, S. N., & Hia, N. (2022). Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Literasi Informasi. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 181-187.

Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67-86.

Meiarni, I., & Irawati, W. O. (2023). Literasi Membaca bagi Anak di Lingkungan TPA Desa Huntu Selatan Kabupaten Bone Bolango. Komunal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21-28.

Nugroho, Alfian Handina, Ratna Puspitasari, dan Euis Puspitasari. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, Vol. V, No. 2

Sarika, R. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.

Syah, I., & Surya, D. (2021). Membangun budaya literasi perdesaan di Desa Pondok Kemuning Kota Langsa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29-35.

Yastini, Y. N., Nurdian, A. R., & Wikanengsih, W. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Progrm Studi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi di Media Sosial Instagram. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 659-664.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 10 times