PELATIHAN DIGITALISASI ASESMEN UNTUK ALUMNI JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNM

Adnan Adnan(1*), Nani Kurnia(2), Muliana Muliana(3), Suhardi Aldi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Telah dilaksanakan pelatihan asesmen digital untuk alumni jurusan Biologi FMIPA UNM. Kegiatan pelatihan ini dilaksankan pada 19 Juni 2023. Pelatihan dilaksankan selama 1 hari dengan jumlah peserta 35 orang. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan di Aula Laboratorium Kebun Percobaan Biologi. Metode pelatihan yang digunkana adalah metode tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan latihan praktik menggnanakn Platform digital. Hasil pelaksanaan pelatihan pembuatan asesmen digital tersebut dinilai dengan berdasar pada respon peserta pelatihan. Respond peserta pelatihan menggunakan angket tertutup dengan skala likert dan memiliki 25 pernyataan. Penilaian dilakukan terhadap hasil respon dari pernytaan yang diberikan pada angket tersebut. Hasil penilaian menunjukkan bahwa respon peserta pelatihan pada setiap pernyataan dianggap postif atau baik. Hal itu menunjukan bahwa pelatihan pembuatan asesmen digital memiliki hasil yang baik untuk diiplementasikan oleh para alimni jurusan Biologi sebagai bekal untuk evaluasi pembelajaran.Kata kunci: Asesmen digital, Alumni, BiologiAbstract Digital assessment training has been conducted for alumni of the Biology Department of FMIPA UNM. This training activity was carried out on 19 June 2023. The training was held for 1 day with 35 participants. The implementation of training activities was carried out in the Biology Experimental Garden Laboratory Hall. The training methods used are question and answer methods, discussions, demonstrations, and practical exercises to create digital platforms. The results of the implementation of the training on making digital assessments were assessed based on the responses of the training participants. The trainees' responses used a closed questionnaire with a Likert scale and had 25 statements. The assessment was carried out on the response results of the statements given in the questionnaire. The assessment results showed that the responses of the trainees on each statement were considered positive or good. It shows that the training on making digital assessments has good results to be implemented by the alimni majoring in Biology as a provision for learning evaluation.Keywords: Digital assessment, Alumni, Biology   

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aslamiah, A., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5 (1).

Fatimah, S., Subarkah, I., Priyanto, A. A., Septiana, K. E., Marzuki, I., Romdoniyah, S., & Sugiati, A. (2021). Penguatan Kompetensi Syuriyah MWC NU Buayan melalui Pelatihan Pembuatan Digital Asessment. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam. 6 (2).

Nur, M. 2000.Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Unesa University Press. Surabaya. Nur, M. 2002. Keteramnpilan-Keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah. Program Pasca Sarjana, UNESA. Surabaya.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. 2021. Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia. 6 (1).

Riduwan. 2018. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusyati, L. 2019. Modul 3 Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Ekologi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Susilo, H. 2002. Kerja Ilmiah: Penafsiran. Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pend. Dasar dan Menengah. Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta.

Wijaya, A. F. C. 2019. Modul 1. Pembelajaran IPQ dan Konsep IPBA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Yudha, R. P., Yusmarini, I., Anggraini, A., Dewi, A. V., Komalasari, M., Ayuni, F. J. P., Widiastuti, E., & Yashinta, Y. 2023. Workshop Asesmen Portofolio Anak Usia Dini Berbasis Digital Untuk Guru Paud Kabupaten Serang. Jurnal Abdimas Bina Bangsa. 4 (1).


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 7 times