KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V SD SWASTA FRATER THAMRIN MAKASSAR MAKASSAR

Indra Amriadi(1*), Ambo Dalle(2), Arini Junaeny(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v1i2.31834

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi menulis kalimat siswa kelas IV SD Swasta Frater Thamrin. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Swasta Frater Thamrin yang berjumlah 15 siswa. Jumlah sampel terdiri atas 15 orang siswa yang didapatkan secara Total Sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes menulis kalimat dan pemberian angket. Hasil tes menulis kalimat siswa menunjukkan rata-rata  78,6% dan berada pada kategori Baik. Dari hasil penyebaran angket diperoleh data bahwa ada dua faktor berperan penting dalam memengaruhi kemampuan menulis kalimat siswa yakni: 1) faktor pendukung berupa guru selalu membantu siswa ketika ada masalah dalam mempelajari bahasa Mandarin. 2) Faktor penghambat berdasarkan dari pernyataan siswa yakni : Bahasa Mandarin merupakan pelajaran yang susah, guru seharusnya memberikan siswa tugas kelompok latihan menulis kalimat bahasa Mandarin, Siswa hendaknya latihan dan mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru baik diluar jam pelajaran maupun di rumah.

Kata kunci : Bahasa Mandarin, Kemampuan, Menulis kalimat


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Afrilia Nur. 2016. Pengaruh Penerapan Media Permainan Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Bahasa MAandarin Siswa Kelas X IPA 2 MAN SIDOARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Mahasiswa Unesa

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Keraf, Gorys. 2005. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Khauwak, Younela Devega. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Remi Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Pinyin Pada Siswa Kelas XII APH 2 TAMAN SIDOARJO. Jurnal Mahasiswa Unesa.

Krismiati, Eri. 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Giant Monopoli Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Kunjang Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Marafad, La Ode Sidu. dkk. 2011. Mutiara Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Puitika.

Ramlan. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Robbins, Stephen P., & Judge Timontly A. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Amanda Purwita. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kubus Struktur Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMK YAPALIS KRIAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Mahasiswa Unesa

Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja; Langkah Efektif Untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama.

Suparnodan Muhammad Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wen Chuang





Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.