Persepsi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Terhadap Penggunaan Aplikasi Kahoot! Dalam Kuis Pada Mata Kuliah Toksikologi.

Nur Al Marwah Asrul(1*),

(1) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Gamification merupakan metode pembelajaran yang mengintegrasikan permainan dan teknologi. Aplikasi game dapat juga digunakan sebagai media evaluasi pemahaman mahasiswa. Kahoot! merupakan aplikasi game-based learning platform yang dapat dengan mudah diakses melalui jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa yang dijabarkan melalui dua faktor, yaitu faktor internal (pengalaman, harapan, kebutuhan, dan motivasi) dan faktor eksternal (stimulasi dari aplikasi Kahoot!) pada 13 mahasiswa kelas Toksikologi dari Jurusan biologi, Fakultas Sains dan teknologi,  UIN Alauddin Makassar.  Melalui metode deksripsi kualitatif dengan memberikan kuesioner serta wawancara, data dianalisa untuk mendapatkan deskripsi atas persepsi mahasiswa. Secara keseluruhan 75% dari peserta menunjukkan bahwa aplikasi Kahoot! sangat efektif untuk digunakan sebagai media refleksi dan evaluasi pembelajaran serta 83.3% peserta sangat setuju bahwa aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan motivasi dalam belajar toksikologi. Dari 91,7% peserta juga menyatakan bahwa bentuk visual, suara, serta fitur waktu dan fitur penilaian dalam aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan motivasi dan ambisi dalam menjawab soal pada kuis.


Keywords


Kahoot!; metode pembelajaran; kuis; motivasi; toksikologi

Full Text:

PDF

References


Barus, I. R. G., & Soedewo, T. (2019). Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor. (2006), 589–596.

Budiati. (2017). Ict (Information and Communication Technology) Use: Kahoot Program for English Students’Learning Booster. Education and Language International Conference Proceedings Center for International Languange Development of Unissula, 178–188. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1225

Hidayat, S. AR. (2017). Modul Pembelajaran STILes Mata Kuliah Toksikologi, Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar. Alauddin University Press.

Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. https://doi.org/10.21315/eimj2017.9.2.2

Johns K. (2015) Engaging and assessing students with technology: a review of Kahoot!. Delta Kappa Gamma Bulletin. 2015;81(4):89.

Kiryakova, G., Angelova, N., & Yordanova, L. (2014). Gamifcation in Education. Proceedings of 9th International Balkan Education and Science Conference., 1–5. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-5198-0

Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ perception of Kahoot!’s influence on teaching and learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1). https://doi.org/10.1186/s41039-018-0078-8

Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–10.

Plump, C. M., & LaRosa, J. (2017). Using Kahoot! in the Classroom to Create Engagement and Active Learning: A Game-Based Technology Solution for eLearning Novices. Management Teaching Review, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.1177/2379298116689783

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. 1–16. Retrieved from https://www.academia.edu/38353914/Analisis_Pendidikan_Indonesia_di_Era_Revolusi_Industri_4.0.pdf

Septiaji, F. (2014). Hubungan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Dan Dukungan Sosial Dengan Koping Stres Pada Remaja Di Desa Sokaraja Kulon, Kabupaten Banyumas. Retrieved from http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3598

Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Al Marwah Asrul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License