PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING MEGGUNAKAN TEKNIK PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAREBBO KABUPATEN BONE
(1) STKIP Muhammadiyah Bone
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v2i1.7901
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada Pengaruh model pembelajaran scaffolding meggunakan teknik peer tutoring terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barebbo Kabupaten Bone.. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental atau eksperimen sejati dimana jenis penelitian yang dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen (Sugiyono,2014). Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (scaffolding menggunakan teknik peer tutoring) dan variabel terikat (hasil belajar). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Post-test Only Control Design”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Barebbo Kabupaten Bone, yaitu pada semester genap, penelitian ini dilaksanakan pada bulan april sampai juni tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barebbo Kabupaten Bone yang terdiri dari lima kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. dan sampel penelitian yakni kelas VIIIb dan VIIIe . Data hasil belajar diperoleh melalui postest. Data diolah dengan menggunakan uji-t (t-test) dengan taraf sinifikansi (α = 0,05).
Kelas eksperimen memperoleh rentang (range) nilai sebesar 37, nilai Rerata (Mean) adalah 80,78, nilai standar deviasi adalah 35,8, nilai maksimal adalah 97, nilai minimal adalah 60, serta nilai standar eror mean adalah 6,63, sedangkan dikelas kontrol memperoleh rentang (range) nilai sebesar 21, nilai Rerata (Mean) adalah 70,68, nilai standar deviasi adalah 27,9, nilai maksimal adalah 85, nilai minimal adalah 64, serta nilai standar eror mean adalah 5,16. Dalam proses pengolahan data secara manual diperoleh nilai Thitung sebesar 6,871 dan didapatkan nilai Ttabel yaitu 1,82 yang diperoleh dari perhitungan dk = n-2 = 60- 2= 58, dengan melihat pada lampiran 09 pada tabel nilai kritis. Sehingga didapatkan nilai Thitung > Ttabel atau 6,87> 1,671. Maka H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh nilai rata-rata yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran scaffolding menggunakan teknik peer tutoring siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barebbo Kabupaten Bone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Populer. Yogjakarta: Dua Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Jihad, Asep dan Abdul Hans. 2009. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Multi Presindo.
Könings, K.D., van Zundert, M., van Merriënboer, J.J.G., 2019. Scaffolding peer-assessment skills: Risk of interference with learning domain-specific skills? Learn. Instr. 60, 85–94. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.11.007
Miravet, L.M., Ciges, A.S., García, O.M., 2014. An Experience of Reciprocal Peer Tutoring at the University. Procedia - Soc. Behav. Sci. 116, 2809–2812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.661
Muarifin, Moch. 2009. Media Pembelajaran. Kediri: Bumi Aksara.
Nasution, S.2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratnadi. 2003. Model Aplikasi Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Mataram: Multi Pindo.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya ( Cetakan keempat) . Jakarta: Rhineka Cipta.
Shiozawa, T., Hirt, B., Lammerding-Koeppel, M., 2016. The influence of tutor training for peer tutors in the dissection course on the learning behavior of students. Ann. Anat. - Anat. Anz. 208, 212–216. https://doi.org/10.1016/j.aanat.2016.07.001
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar.Jakarta: Pustaka KTI
Trianto. M. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif. Jakarta: Kencana Perdana Group.
Tsuei, M., 2012. Using synchronous peer tutoring system to promote elementary students’ learning in mathematics. Comput. Educ. 58, 1171–1182. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.11.025
Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Kontruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Yamin, Martinis. 2013. Paradigma dan Pembelajaran. Jakarta: Gp Press.
Article Metrics
Abstract view : 342 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh