Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri 5 Maros
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.47003
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan LKPD berbasis masalah terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar pada pembelajaran Biologi pada Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Maros. Subyek Uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Maros berjumlah 72 orang tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitan ini diambil secara acak dan Ramdom sampling.Teknik Analisa data dilakukan dengan cara analis regresi dan anlisis varian ( Anacova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi peserta didik SMAN 5 Maros. Sebanyak 22% berada pada kategori tinggi dan 78% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis uji anacova menunjukkan nilai signifikansi 0,019<0,05 yang berarti lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Nur AIsyah, A. Syachruroji, dan Nana Hendracipta. 2019. Pengembangan LKPD berbasis Prblem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA MAteri Gaya, Jurnal Pendidikan Dasar, 68-76.
Citra, N., Masriani, M., Hadi, L., Sarti, R. P., & Ulfah, M. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Eleketrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 5(2), 142–148.
Hanim, Farida, Retno Dwi Suyanti dan Fauziyah Harahap. 2018. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains dan Motivasi terhadap Hasil BelajarIPA Kelas IV SD Negeri 164330 Tebing Tingg, Jurnal Tematik, Vol.7, No. 1, 107-115.
Fitriani N., Gunawan., & Sutrio. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Mataram: Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902). Vol III. No.1.
Imran, Adnan dan Halifah Pagarra. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasisi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa Kelas X MILA SMA/MA, Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 275-280.
Jayanti, R. D., Romlah, & Saregar, A. 2016. Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learming (PBL) melalui Metode POE terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan. Bandarlampung, 208-214.
Margareta, Irine Ristiana dan Tarzan Purnomo. 2018. Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan lingkungan untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioedu, Vol. 7, No. 2, 113-118.
Mulyani, R., Saminan, & Sulastri. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict Observe Explain. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 19-24.
Sani, R. A., Arafah, K., Azis, I., Tanjung, R., & Suswanto, H. 2020. Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 92 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Darmawati Nasir, Firdaus Daud, Muhiddin Palennari, Andi Martiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh