Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46999
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar materi perubahan lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone yang dibelajarkan dengan model Problem Besed Learning (PBL) dan Model Direct Instruction. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PBL dan model DI. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone sebanyak 10 kelas dan sampel yang terpilih melalui teknik porposive sampling adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang dan siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar tes hasil belajar biologi berupa pretest dan postest. Data yang diperolah dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan perangkat SPSS. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis covariat (anacova) Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh taraf signifikasi 0,000 ≤ α = 0,05 sehinggga H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, M. 2018. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Binomial,1(1), 445. https:/ejournals. umma.ac.id/index.php/bionomial/article
Arvyaty dan Cipto Saputra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran (PBM) Terhadap Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 22-41.
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Sixth Edition. NewYork: Mc Graw Hill.
Bahri, Arsad dkk. 2018. “Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemeca-han Masalah Biologi”. Jurnal Sainsmat. 7(2): 122-131.
Diyas, D. S. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Halim, A., Halim, L., Meerah, T. S. M., & Osman, K. (2010). Pembangunan instrumen penyelesaian masalah sains. Jurnal Pendidikan Malaysia. 35(1), 35–39.
Hartono, I. P., Suharto, Y., Sahrina, A., & Soekamto, H. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 918–931.
Klegeris, A., & Hurren, H. 2011. Impact of Problem Based Learning In A Large Classroom Setting: Student Perception and Problem Solving Skills. Journal of Advances in Physiology Education, 3 (5), 408-415.
Lutfiah Wirka, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4): 219-211.
Mohamad Nur. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA.
Nurdiansyah, dan Amalia, F. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.
Paembonan, S., Tengko, T. L., & Mongan, S.W. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Di Smp Negeri 6 Tondano. JSME MIPA UNIMA, 3(7).
Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat dan Krakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29-35.
Supiandi, M. I., & Julung, H. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.
Tan, O. S. 2003. Problem Based-Learning Innovation:Using Problems to Power Learning in The 21stCentury. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view : 197 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andi Yuni Kurnia Yusuf, Firdaus Daud, Arsad Bahri, Nahirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh