Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan

Indrawati Zain(1), Andi Asmawati Azis(2*), Muhammad Arsyad(3), Anita Puspita(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46942

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah enam kelas pada tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 10 Luwu, pengambilan sampel secara acak (simple random sampling) dan terpilih dua kelas sebagai subjek penelitian, kelas XI MIPA 2 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIPA 3 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 81,88 dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 76,35. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji Anacova (Analysis of Covariance) maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan makanan.


Keywords


Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Sistem Pencernaan Makanan

Full Text:

PDF

References


Affandi, M., Chamala, E. & Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang. Unissula Press.

Fajariyah, N., Budi Utami, Haryono. 2016. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(2).

Fathurrohman, M. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia. Hal 193-196.

Hartono, R. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press.

Hosnah, W. M, Sudarti & Subiki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6 (2), hal. 196-200.

Iswatun.2017. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar peserta didik SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), hal. 150-160.

Karim, H., Andi Asmawati Azis., Nursyahida, A., & Safaruddin. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Dipadu Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi Biogenerasi, 6 (2), hal. 124-136.

Kemendikbud 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Kriteria Hasil Belajar.

Matthew, B. M., &Igharo, O. K. 2013. A study on the effects of guided inquiry teaching method on students achievement in logic.International Researcher, 2 (1), hal. 134-140.

Murningsih, I. M. T., Masykuri, M., & Mulyani, B. 2016. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), hal. 17.

Nurhabibah, S., Arif Hidayat, Alif Mudiono. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Muatan IPA di Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(10), hal. 1286-1293.

Rustaman, Nuryani Y, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saefuddin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sefalianti, B. 2014. Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1 (2), hal. 11-18.

Siregar, D. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir. SEJ (School Education Journal), 8 (3), hal. 270-275.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Udiani, N. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Arnyana, I. B. P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas IV SD no.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksa, 7(1).

Wahyudi, L. E., dan Imam, S., 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2 (2), hal. 62-65.

Wijayanti, P. I., Mosik, M., & Hindarto, N. 2016. Eksplorasi kesulitan belajar peserta didik pada pokok bahasan cahaya dan upaya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati. (2015). Metodolologi Pembelajaran IPA (Disesuaikan dengan Pembelajaran Kurikulum 2013). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. EDUCATIONIST: Jurnal Kajian Filosofi, Teori, Kualitas, dan Manajemen Pendidikan, 14(1).


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indrawati Zain, Andi Asmawati Azis, Muhammad Arsyad, Anita Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License