Perbedaan Pemahaman Konsep Siswa melalui Pendekatan Saintifik dan STEM pada Topik Rekayasa Genetika

Rahmawati Latif(1), Abd. Muis(2*), Andi Asmawati Azis(3),

(1) Universitas Negari Makassar
(2) Universitas Negari Makassar
(3) Universitas Negari Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46858

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) yang bertujuan (i) mendeskripsikan pemahaman konsep melalui pendekatan saintifik pada topik rekayasa genetika; (ii) mendskripsikan pemahaman konsep melalui STEM pada topik rekayasa genetika; (iii) menganalisis perbedaan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan saintifik dan STEM pada topik rekayasa genetika;. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA yang terdiri atas 7 rombongan belajar dan sampel yaitu kelas XII MIPA 1 dan kelas XII MIPA 4, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda untuk pemahaman konsep. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pemahaman Konsep melalui Pendekatan Saintifik berada pada kategori sedan; (ii) Pemahaman Konsep melalui Pendekatan STEM berada pada kategori sedang; (iii) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan saintifik dan STEM.


Keywords


Pemahaman Konsep, Pendekatan Saintifik, STEM

Full Text:

PDF

References


Arjunalita. (2020). Pendidikan di era revolusi industry 5.0. Prosiding Seminar Nasional. Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran biologi berbasis steam di era society 5.0. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 182-190.

Holroyd, C. (2020). Technological Innvovation and Building a Super Smart Society: Japan’s vision of society 5.0. Journal of Asian Public Policy, 00(00),1-14

Jehadut, K., Al Banna, M. Z., & Arifuddin, W. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1686-1695.

Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Integrated STEM through Project Based Learning and Guided Inquiry on Scientific Literacy Abilities in Terms of Self-Efficacy Levels. Al Ibtida, 7(1), 19–32.

Putri, R. M., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Metaanalisis Efek Pendekatan STEM pada Literasi Sains dan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Setiap Satuan Pendidikan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 86-98.

Sumiyati, S., Ardan, A. S., & Tokan, M. K. (2021). Pelatihan Penyediaan Objek Biologi untuk Kegiatan Pembelajaran di SMA. Kelimutu Journal of Community Service, 1(1), 35-41.

Yulianti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 996-1007.

Yuniastuti, E., & Kusdiyati, Y. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Pendekatan STEM terhadap Kemam-puan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 103-109.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmawati Latif, Abd. Muis, Andi Asmawati Azis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License