Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan

Sandi Saude(1), Andi Asmawati Azis(2*), Muhammad Arsyad(3), Nur Atirah(4),

(1) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46804

Abstract


Penelitian eksprimen semu ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 1 Soppeng pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas kelas homogen dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 16 orang. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling dan terpilih kelas VA sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dan kelas VB sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan media mobile learning berbasis android. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui instrumen angket materi sistem pencernaan. Nilai motivasi belajar dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji Anacova (Analysis of Covariance). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan yang diajar dengan menggunakan media mobile learning berbasis android berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan.


Keywords


Android, Media Mobile Learning,Motivasi Belajar, Sistem Pencernaan

Full Text:

PDF

References


Adnan, A., Faisal, F., & Marliyah, S. 2012. Studi Motivasi Siswa SMP dan Sederajat di Kota Makassar pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Jurnal Bionature, 13(2), 103-107.

Amirullah, G., & Susilo, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38-47.

Aria, R. 2021. Media Belajar Berbasis Information Communication and Technology (ICT) pada Pembelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 2, No. 01, pp. 1-9).

Arikunto, S,.2018. Dasar-dasar Evaluasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. 2017.Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Astuti, A. K. 2017. Efektivitas Model Inquiry Based Learning Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X di SMK N 2 Klaten. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. .

Aziziyah, D. A. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Fisika Kelas X Di Smk Negeri 4 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Christianne Lynnette G. Cabanban, MIT, Development of Mobile Learning Using Android Platform, International Journal of Information Technology & Computer Science ( IJITCS ) (ISSN No : 2091-1610 ) Volume 9 : Issue No : 1 : Issue on May / June, 2013, Philippines.

Devi, R. S. 2019. Pengaruh media Mobile Learning berbasis Android terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar.

Fauziah, L. N. T. W. S. Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(4).

Firman, F., & Desyandri, D. 2022. Pengaruh Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5762-5767.

Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3(1), 38-45.

Ginting, K. A. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri 101800 Delitua Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Hamalik, O. 2016. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hanannika, L. K., & Sukartono, S. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379-6386.

Husamah, Y Pantiwati, P Restian, A. & Sumarsono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Irfiantoro, Y. 2016. Pemanfaatan Media Mobile Learning Berbasis Adobe Integrated Runtime Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Pencernaan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Keller, J. M. 1987. Development and use of the ARCS model ofinstructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2-10

Kuswanto, J., & Radiansah, F. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Majid, A. 2012. "Mobile Learning". Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 4.

Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses dan hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurfadhillah, S. 2021. Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurgiansah, T. H. 2022. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529-1534.

Nurhalim, M. Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Based Instruction) Model Tutorial. Inovasi Kurikulum, 6(1), 78-95.

Prawiradilaga, Dewi Salma., & Siregar, Eveline. 2016. Mozaik Teknologi Pendidikan. Prenada Media. Jakarta.

Prasetyowati, D. 2015. Efektivitas Mobile Learning pada Mata Kuliah Geometri dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1/Maret)

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., ... & Purba, B. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam konsep sistem indera pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80.

Rayhan, B. M. 2020. Microsoft Office Powerpoint: Pendahuluan.

Riduan dan Sunarto. 2017. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Robian, D., Abdurahmansyah, A., & Falahudin, I. 2021. Manajemen Pembelajaran Biologi Menggunakan Power Point. Studia Manageria, 3(1), 35-52.

Rosmawati, R. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Soal Interaktif dan Power Point Berbasis ICT Pada Konsep Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 120-126.

Rosyida, Fatiya, Utaya, Sugeng dan Budijanto, “Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA,” Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 21, No. 2, 2018, hal. 17–28, https://doi.org/10.17977/um017v21i22016p017.

Sadiman, A. S. 2018. Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada media group. Jakarta.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Shofiyah, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Android dan E-learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Falah Production. Bandung.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Suhartaputra, U. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan, Jakarta: Rafika Aditama.

Sukarno, S., & Salamah, S. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137-156.

Sutopo, A. H. 2012. Teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafwani, N. 2021. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Yang Dikembangkan Untuk Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi (Doctoral dissertation, UNIMED).

Wildan, W. 2017. Pelaksanaan penilaian autentik aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan di sekolah atau madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131-153.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sandi Saude, Andi Asmawati Azis, Muhammad Arsyad, Nur Atirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License