Pengaruh e-LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kesadaran Metakognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan

Nur Atirah(1), Arsad Bahri(2*), Muhiddin Palennari(3), Sandi Saude(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46762

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Quasi experimental design (eksperimen semu) yang bertujuan untuk (i) mendeskripsikan kesadaran metakognitif peserta didik yang menggunakan e-LKPD berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada materi sistem pernapasan; (ii) menganalisis pengaruh e-LKPD berbasis SSCS terhadap kesadaran metakognitif pada materi sistem pernapasan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Majene dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah XI MIPA 1 DAN XI MIPA 2 dengan masing-masing kelas berjumlah 29 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest angket kesadaran metakognitif, angket sikap ilmiah dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis berupa uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kesadaran metakognitif yang diajar menggunakan e-LKPD berbasis SSCS berada pada kategori tinggi; (ii) terdapat pengaruh e-LKPD berbasis SSCS terhadap kesadaran metakognitif.

 


Keywords


e-LKPD berbasis Search, Solve, Create and Share, Kesadaran Metakognitif dan Materi Sistem Pernapasan.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2021. Penyusunan Skala Psikologi Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dakhi, A. S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal education and development, 8 (2), 468-468.

Demirel, M., & Turan, B. A. 2010. Probleme Dayali Öğrenmenin Başariya, Tutuma, Bilişötesi Farkindalik Ve Güdü Düzeyine Etkisi. Hacettepe üniversitesi eğitim fakültesi dergisi, 38(38), 55-66.

Fauziah, H. A., Astin, P, S., Rinika, D., Adesty, D, W., & Baskoro, A. P. 2018. Profil Kesadaran Metakognitif Siswa di Salah Satu SMA Swasta di Sragen. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(2), 21-29.

Flavell, J.H. 1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: A new area of psychological inquiry. American Psychologist, 34, 906-911.

Gustina, G., Hamsyah, E. F., & Ahmad, F. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Mahasiswa terhadap Kesadaran Metakognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Biokimia STKIP-PI Makassar. Jurnal Kreatif Online, 8(4), 83-91.

Hanisah, S., Zahriah, Z., & Kurniawan, H. 2022. Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Rundeng. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 3(2), 68-73.

Hidayah, N., & Asari, S. 2022. Investigating Students’ Listening Skill Using Liveworksheet As An Outline Teaching Platform. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 9(1), 51-59.

Rochman, C. 2015. Analisis dan Kontribusi Kemampuan Konsep Dasar Fisika, Literasi Kurikulum Pembelajaran dan Psikologi Pembelajaran terhadap Kemampuan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains (Snips), 273-276.

Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. 2021. Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1-9.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Atirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License