Pengaruh e-LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kesadaran Metakognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46762
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Quasi experimental design (eksperimen semu) yang bertujuan untuk (i) mendeskripsikan kesadaran metakognitif peserta didik yang menggunakan e-LKPD berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada materi sistem pernapasan; (ii) menganalisis pengaruh e-LKPD berbasis SSCS terhadap kesadaran metakognitif pada materi sistem pernapasan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Majene dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah XI MIPA 1 DAN XI MIPA 2 dengan masing-masing kelas berjumlah 29 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest angket kesadaran metakognitif, angket sikap ilmiah dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis berupa uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kesadaran metakognitif yang diajar menggunakan e-LKPD berbasis SSCS berada pada kategori tinggi; (ii) terdapat pengaruh e-LKPD berbasis SSCS terhadap kesadaran metakognitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2021. Penyusunan Skala Psikologi Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dakhi, A. S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal education and development, 8 (2), 468-468.
Demirel, M., & Turan, B. A. 2010. Probleme Dayali Öğrenmenin Başariya, Tutuma, Bilişötesi Farkindalik Ve Güdü Düzeyine Etkisi. Hacettepe üniversitesi eğitim fakültesi dergisi, 38(38), 55-66.
Fauziah, H. A., Astin, P, S., Rinika, D., Adesty, D, W., & Baskoro, A. P. 2018. Profil Kesadaran Metakognitif Siswa di Salah Satu SMA Swasta di Sragen. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(2), 21-29.
Flavell, J.H. 1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: A new area of psychological inquiry. American Psychologist, 34, 906-911.
Gustina, G., Hamsyah, E. F., & Ahmad, F. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Mahasiswa terhadap Kesadaran Metakognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Biokimia STKIP-PI Makassar. Jurnal Kreatif Online, 8(4), 83-91.
Hanisah, S., Zahriah, Z., & Kurniawan, H. 2022. Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Rundeng. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 3(2), 68-73.
Hidayah, N., & Asari, S. 2022. Investigating Students’ Listening Skill Using Liveworksheet As An Outline Teaching Platform. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 9(1), 51-59.
Rochman, C. 2015. Analisis dan Kontribusi Kemampuan Konsep Dasar Fisika, Literasi Kurikulum Pembelajaran dan Psikologi Pembelajaran terhadap Kemampuan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains (Snips), 273-276.
Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. 2021. Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1-9.
Article Metrics
Abstract view : 160 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Atirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh