Higher Order Thinking Skill (Hots) Peserta Didik Melalui Project Based-Learning pada Materi Perubahan Lingkungan
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46761
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) melalui penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shout Case Study. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Al Nadim SMAN 4 Pangkep dengan jumlah 30 orang yang diambil dengan tekhnik random sampling. Pembelajaran model project based-learning dilakukan untuk memperoleh data penelitian kemampuan higher order thinking skill melalui tes hasil belajar berupa pretes dan postes. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Setelah penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan, diperoleh analisis data statistik deskriptif, kemampuan higher order thinking skill melalui model pembelajaran project based-learning pada materi perubahan lingkungan efektif dilatihkan pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan nilai N-gain 0,6; 0,4; dan 0,8.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Astuti, R. 2015. Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. BIOEDUKASI. 8(2). 37-41.
Bagheri, M., Ali, W. Z. W., Abdullah, M. C., & Daud, S. M. 2013. Effects of Project-based Learning Strategy on Self-directed Learning Skills of Educational Technology Students. Universiti Putra Malaysia. Malaysia. Contemporary Educational Technology. 4(1). 15-29.
Dalman, R. P. & Juanidi. 2022. Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy.1(1). 103-112.
Depdikbud. 2006. Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Balitbang: Depdiknas, 2006, h. 4.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. 2015. Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1). 9-21.
Isrohani, H. & Sinta, Y. C. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 4(2).
Kamaruddin, F., Pagarra, H., & Nurhayati, B. 2020. Efektivitas Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Pinrang Materi Perubahan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Biology Teaching and Learning. 3(2).
Kusumaningrum, S. & Djukri, D. 2016. Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2). 241-251.
Maulana, M. A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas Di Kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Nurbaiti, Siti., Kartijono, N. E., dan Herlina, Lina. 2016. Pengaruh pembelajaran model project based learning materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar siswa. Unnes Journal of Biology Education. Unnes.J.Biol.Educ. 5 (2).
Article Metrics
Abstract view : 152 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anita Puspita, Andi Asmawati Azis, Muhammad Arsyad, Indrawati Zain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh