Higher Order Thinking Skill (Hots) Peserta Didik Melalui Project Based-Learning pada Materi Perubahan Lingkungan

Anita Puspita(1), Andi Asmawati Azis(2*), Muhammad Arsyad(3), Indrawati Zain(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46761

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) melalui penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shout Case Study. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Al Nadim SMAN 4 Pangkep dengan jumlah 30 orang yang diambil dengan tekhnik random sampling. Pembelajaran model project based-learning dilakukan untuk memperoleh data penelitian kemampuan higher order thinking skill melalui tes hasil belajar berupa pretes dan postes. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Setelah penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan, diperoleh analisis data statistik deskriptif, kemampuan higher order thinking skill melalui model pembelajaran project based-learning pada materi perubahan lingkungan efektif dilatihkan pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan nilai N-gain 0,6; 0,4; dan 0,8.


Keywords


Higher Order Thinking Skill, Perubahan Lingkungan, Project Based-Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Astuti, R. 2015. Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. BIOEDUKASI. 8(2). 37-41.

Bagheri, M., Ali, W. Z. W., Abdullah, M. C., & Daud, S. M. 2013. Effects of Project-based Learning Strategy on Self-directed Learning Skills of Educational Technology Students. Universiti Putra Malaysia. Malaysia. Contemporary Educational Technology. 4(1). 15-29.

Dalman, R. P. & Juanidi. 2022. Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy.1(1). 103-112.

Depdikbud. 2006. Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Balitbang: Depdiknas, 2006, h. 4.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. 2015. Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1). 9-21.

Isrohani, H. & Sinta, Y. C. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 4(2).

Kamaruddin, F., Pagarra, H., & Nurhayati, B. 2020. Efektivitas Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Pinrang Materi Perubahan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Biology Teaching and Learning. 3(2).

Kusumaningrum, S. & Djukri, D. 2016. Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2). 241-251.

Maulana, M. A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas Di Kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Nurbaiti, Siti., Kartijono, N. E., dan Herlina, Lina. 2016. Pengaruh pembelajaran model project based learning materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar siswa. Unnes Journal of Biology Education. Unnes.J.Biol.Educ. 5 (2).


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anita Puspita, Andi Asmawati Azis, Muhammad Arsyad, Indrawati Zain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License