Pengaruh Model The Power Of Two Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nurul Aeyn Kampung Baru

Nahirah Asse(1), Firdaus Daud(2*), Arsad Bahri(3),

(1) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46737

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Power of Two terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment Design (eksperimen semu), dimana pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran the power of two pada kelas VIII MTs Nurul Ayen As’adiyah Kampung Baru dan untuk kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling non probability sampling dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengujian hipotesis menggunakan ANACOVA (Analysis of Covariance). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerpan model the power of two terhadap berpikir kritis. Begitupun dengan hasil belajar, hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian ada pengaruh Model pembelajaran the power of two terhadap hasil belajar peserta didik.


Keywords


Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, The Power Of Two

Full Text:

PDF

References


Ansari L., Salwah, & Ekawati S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Matermatika, 3(2): 56

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa SD. Forum Penelitian Edisi Khusus, 1:76-89.

Noviana. 2016. Pengaruh Penggunaan Model The Power of Two dan Model Bermain Jawaban terhadap Hasil Belajar IPA Materi Gaya Magnet Kelas V di MI Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Tesis. UIN Walisongo Semarang.

Razi, S., & Nisa, Z. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif The Power of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Sain Riset. 8(1).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutirna dan Samsudin, A. 2015. Landasan Kependidikan (Teori dan Praktik). Bandung: PT Refika Aditama.

Taufiq, A.U., & Ummul, H. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik. Al asma: Journal of Islamic Education. 2(1):111-120.

Triansyah, B., & Hasanuddin. 2022. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran The Power of Two terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa SMP Swasta Al-Hidayah Aceh Tamiang. Edumaniora. 1(2).

Wirajaya. 2019. Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two dari Kemampuan Berpikir Kritis Pembe-lajaran Matematika. Fondatia. 3(1).


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nahirah Asse, Firdaus Daud, Arsad Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License