Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Outing Class terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Organ Kelas XI SMAN 21 Makassar

Fatmawaty Alimuddin(1), Firdaus Daud(2*), Muhiddin Palennari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46730

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang  bertujuan untuk (i) mendeskripsikan minat belajar biologi siswa kelas XI SMAN 21 Makassar pada materi sistem organ; (ii) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 21 Makassar pada materi sistem organ; (iii) menganalisis ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Role Playing Outing Class terhadap minat belajar siswa kelas XI SMAN 21 Makassar pada materi sistem organ; (iv) menganalisis ada tidaknya pengaruh penerapan metode Role Playing Outing Class terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 21 Makassar pada materi sistem organ. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest control group design dengan sampel sebanyak 74 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji normalitas, uji hipotesis menggunakan analisis data covariat (Anacova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terjadi peningkatan nilai rata-rata minat belajar siswa yaitu 80,59 menjadi 84,22; (ii) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 54,30 menjadi 74,41; (iii) tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran Role Playing Outing Class terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai sig. menunjukkan 0,498 > 0,05; (iv) terdapat pengaruh metode pembelajaran Role Playing Outing Class terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai sig. menunjukkan 0,008 < 0,05.


Keywords


Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Role Playing Outing Class, dan Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Adelia, I. 2020. Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 94-103.

Adi, B. N., & Hendra, H. 2020. Pengaruh Metode Role Playing Outing Class terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah dan Pembelajaran, 7(1), 1-10.

Ali Mudlofir dan Evi Fatimur. 2017. Desain Pembelajaran inovatif,. Jakarta: Rajawali Pers. h. 101.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Blatner, A. 1995. Drama in education as mental hygiene: A child psychiatrist’s perspective. Youth Theatre Journal, 9, 92-96.

Djamarah. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Dini, Rosdiani. 2013. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Dewi, D. A. P. W., & Mandala, K. 2017. Pengaruh Percieved Quality terhadap Percieved Value yang Dimediasi oleh Percieved Risk. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6 No. 5.

Gie, The Liang. 2004. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gajah Mada Pers.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas. Prestasi Pusaka Raya.

Hamzah, Uno, B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadija S. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Randomayang”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3, No. 2: 106.

Kardoyo,, & Hayuningtyas, M. E. 2009. Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran ps-ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk social dan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 141-180.

Kurniawan, A., & Yani, E. 2019. Penerapan Metode Role Playing Outing Class pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jepara. Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 7(2), 109-118.

Mahmud, A. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Role Playing pada Pembelajaran Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Galesong Selatan. Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 22-28.

Mersyiani, Deka. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Mata Pelajaran IPA di MI Darussalam Kota Bengkulu. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. IAIN Bengkulu.

Munjih Nasir Ahmad. 2009. Metode Dan Teknik Pendidikan Agama Islam.

Bandung: PT Resfika Aditama.

Musfiqon M., Nurdyansyah. N., 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia learning center.

Nana Sudjana. 2008. Dasar-Dasar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Palupi, R. 2014. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Cet. 6. Jakarta : Rajawali Press.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. 2000. Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary educational psychology, 25(1), 54-67.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sulistyaningrum, T., & Prabowo, A. 2019. Efektivitas Metode Role Playing pada Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal Sejarah dan Budaya, 6(2), 91-102.

Sutrisno, 2021. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang. Ahlimedia Press.

Sukarno., Permanasari, A., & Hamidah, I. 2013. The Profile of Science Process Skill (SPS) Student at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Enginering and Research. 1(1): 79-83.

Sutrisno, 2021. Meningkatkan Minat dan hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang. Ahlimedia Press.

Syahputra, E. 2020. Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing.

Toni Ika Setiawan dan AR. Koesdyantho. 2017. Pengaruh Metode Outing Class Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN Sambirejo No. 148 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian. Diakses dari unisri.ac.id pada tanggal 30 September 2018.

Vera. A, 2012. Metode mengajar anak di luar kelas. Jogjakarta: Diva press Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Watson, P. 2002. The role and integration of learning outcomes into the educational process. Active Learning in Higher Education, 3(3), 205 - 219.

Wijoyo, H. 2021. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Minat Belajar. Sidoarjo: Ihsan Cendekia Mandiri


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatmawaty Alimuddin, Firdaus Daud, Muhiddin Palennari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License