Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan

Surianti Surianti(1), Abd. Muis(2*), Andi Asmawati Azis(3), Irma Aswani(4),

(1) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46686

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pitumpanua Kabupaten Wajo dengan jumlah 47 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling sehingga diperoleh 47 sampel. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variabel kemandirian belajar dan motivasi belajar sedangkan variabel terikat yaitu variabel hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa angket dan soal hasil belajar. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kemandirian belajar berada pada kategori sedang, (ii) motivasi belajar, pada kategori sedang. (iii) hasil belajar IPA peserta didik berada pada kategori sedang, (iv) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, (v) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (vi) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian  belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan.

Keywords


Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Asutas, P., Astindari, T., & Noervadila, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA MA.Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1399

Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2).https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1). https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

Lestari, D. W. I. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa di smk mutiara bangsa jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).Marzuqoh, F. A., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi, Keaktifan, Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Se-Kecamatan Banguntapan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5022

Najia, Holisin, I., & Mursyidah, H. (2021). Pengaruh Metode Flipped Classroom Berbantuan Schoology Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.32665/james.v4i2.247

Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328.

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika , 3(2), 15–20.

Sella, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung.‖ Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syofyan, H. (2018). Analisis gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76-85.

Tegeh, I. M., Pratiwi, N. L. A., & Simamora, A. H. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal IKA, 12(2), 150–170.

Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1). https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24471


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Surianti Surianti, Abd. Muis, Andi Asmawati Azis, Irma Aswani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License