Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan
(1) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pasca Sarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46686
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Asutas, P., Astindari, T., & Noervadila, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA MA.Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1399
Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2).https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1). https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Lestari, D. W. I. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa di smk mutiara bangsa jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).Marzuqoh, F. A., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi, Keaktifan, Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Se-Kecamatan Banguntapan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5022
Najia, Holisin, I., & Mursyidah, H. (2021). Pengaruh Metode Flipped Classroom Berbantuan Schoology Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.32665/james.v4i2.247
Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328.
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika , 3(2), 15–20.
Sella, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung.‖ Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syofyan, H. (2018). Analisis gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76-85.
Tegeh, I. M., Pratiwi, N. L. A., & Simamora, A. H. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal IKA, 12(2), 150–170.
Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.
Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1). https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24471
Article Metrics
Abstract view : 147 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Surianti Surianti, Abd. Muis, Andi Asmawati Azis, Irma Aswani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh