Hubungan Motivasi dan Kedisiplinan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan di Kabupaten Wajo

Sitti Zamzam(1), Firdaus Daud(2*), Arsad Bahri(3), Andi Ferawati(4),

(1) Program studi Pascasarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Program studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(4) Program studi Pascasarjana, Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46682

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kedisiplinan belajar  dengn kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas Xl SMAN Negeri di Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel secara  proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel 333 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu motivasi dan kedisiplinan belajar, variabel terikat yaitu kemandirian belajar biologi peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket untuk mengukur motivasi, kedisiplinan dan kemandirian belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan kemandirian belajar biologi peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan  dengan kemandirian belajar biologi  peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo.


Keywords


Kedisiplinan Belajar, Kemandirian Belajar, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Sanjaya, W. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prenada Media.

Eriyanto, M. G., Roesminingsih, M. V., & Soeherman, I. K. 2021. The effect of learning motivation on learning independence and learning outcomes of students in the package c equivalence program. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(4), 455-467.

Fauziah, M. 2021. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan: Implementasi Prinsip-Prinsip Psikologi Dalam Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group

Ismanto, B. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik. Satya Widya, 34(2), 160-166

Mulyaningsih, I. E. 2014. Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.

Nurlaili, S., & Sitompul, D. N. 2022. Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI Akuntansi Di SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(1), 38-46.

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. 2017. Hubungan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328.

Permatasari, C. 2019. Hubungan Disiplin Belajar dan Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 6 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Situmorang, M. F., Lubis, S. A., & Aziz, A. 2019. Hubungan antara Disiplin dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta didik di SMA Negeri 1 Binjai. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(2): 180-190.

NNjoroge, P. M., & Nyabuto, A. N. 2014. Discipline as a factor in academic performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(1), 289.

Ramadona, P., & Yusri, Y. 2019. Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta didik. Jurnal Neo Konseling, 1(2).

Riswanto, A. & Aryani, S. 2017. Learning motivation and student achievement : description analysis and relationships both. COUNSEDU: The International Journal of Counseling and Education, 2(1): 42.

Wardatul, A. 2021. Pengaruh Kemandiriana Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi).

Yussi, S. 2017. The Contribution of Vocational Students’ Learning Discipline, Motivation and Learning Results. International Journal of Environmental and Science Education.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Zamzam, Firdaus Daud, Arsad Bahri, Andi Ferawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License