Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Berbantuan Flip PDF Professional pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar

Raden Ika(1*),

(1) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i1.35794

Abstract


ABSTRACT. Raden Ika Hasriana, 2021. The type of research used is research and development (R&D), which aims to develop an Electronic Module based on Project-Based Learning assisted by Flip PDF Professional on Biology science material which is valid and practical. The development procedure used in this study was a 4D model consisted of Define, Design, Development, and Dissemination. Data collection employed product validity instruments by expert validators, product practicality assessment instruments validation format for teachers and students, and product practicality assessment instruments by teachers and students. The results of the expert validators on the Electronic Module are "very valid" based on the validator's assessment percentage, which is 95.90%. It is stated to be valid because the Electronic Module based on Project-Based Learning developed has met the validity criteria. In addition, the Electronic Module is "practical" based on the percentage of practitioners’ assessments (teachers' responses), which is 78.95% and is "very practical" based on the percentage of practitioners’ assessments (student responses), which is 85.27%. Electronic module is said to be practical because teachers and students respond positively to the Electronic Module.

ABSTRAK. Raden Ika Hasriana, 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan Modul Elektronik berbasis project based learning berbantuan Flip PDF Professional pada materi IPA Biologi yang valid dan praktis. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Dissemination (penyebarluasan). Pengumpulan data menggunakan instrumen kevalidan produk oleh validator ahli, format validasi instrumen penilaian kepraktisan produk untuk guru dan peserta didik serta instrumen penilaian kepraktisan produk oleh guru dan peserta didik. Adapun hasil dari validator ahli terhadap Modul Elektronik yaitu bersifat “sangat valid” berdasarkan persentase penilaian validator yaitu 95.90%. Dikatakan valid karena Modul Elektronik berbasis project based learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan. Selain itu, Modul Elektronik bersifat “praktis” berdasarkan persentase penilaian praktisi (respon guru) yaitu 78.95% serta bersifat “sangat praktis” berdasarkan persentase penilaian praktisi (respon peserta didik) yaitu 85.27%. Modul elektronik dikatakan praktis karena guru dan peserta didik memberikan respon yang positif terhadap Modul Elektronik.


Keywords


Modul Elektronik, Project Based Learning, Flip PDF Professional, Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi

References


Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Proyek Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Edutech, 7(1), 54–65.

Delianti dan Jalinus. (2020). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual. Jurnal PTK, 3(2), 109–113.

Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(November), 124–128.

Kalima, F. G. dan R. E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Komputer pada Pembelajaran Kimia Larutan Asam Basa di. 227–238.

Lifda Sari, T. dan F. F. (2020). Jurnal basicedu. JURNAL BASICEDU, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Mulyadi, D. U., Sri, W., & Rif'ati, D. H. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.4, Hal 296 - 301.

Nadillah, P. dan L. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Project Based Learning pada Topik Ekologi. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi.

Permana, I. W. B., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas Xi Rpl Di Smk Negeri 2 Tabanan Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(2), 140–154.

Seruni, Rara, et.al. 2019. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK: Jurnal Tadris Kimiya 4, 1. Hal. 48-56.

Siregar, Anggi Desviana dan Harahap, L. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem Pada Materi Bentuk Molekul. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, Vol. 10,. No. 01,. Hal. 1925-1931.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sutrisno. (2016). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016 | 29. 5, 29–37.

Watin, E dan Kustijono, R. (2017). “Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fisika dan Pembelajarannya”. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF). Surabaya.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. Surabaya 4 Agustus 2010. ISBN No. 979--545-0270-1.

Yelianti, U., & Muswita, M. E. S. (2018). Development of Electronic Learning Media Based 3D Pageflip on Subject Matter of Photosynthetis in Plant Physiology Course Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis 3D Page Flip Pada Materi. Biodik, 4(2), 121–134.


Article Metrics

Abstract view : 289 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Raden Ika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : [email protected]

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License