PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA

Nur Fadillah(1*), Nurhayati B(2), Arsad Bahri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i1.35410

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis Learning Cycle 7E pada materi sistem reproduksi manusia yang bersifat valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian adalah guru biologi dan peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 7 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data kevalidan diperoleh melalui lembar validasi instrumen penelitian pada materi sistem reproduksi manusia, data kepraktisan diperoleh melalui angket respon guru dan angket respon peserta didik, dan data keefektifan diperoleh melalui tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan pengembangan produk berada pada kategori sangat valid (4,54). Hasil respon memenuhi kriteria kepraktisan karena rata-rata respon peserta didik terhadap pengembangan produk berada pada kategori sangat parktis (88,39%) dan rata rata nilai respon guru terhadap pengembangan produk berada pada kategori sangat praktis (81,33%). Pengembangan produk memenuhi kriteria keefektifan karena jumlah peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,68 yang berada pada kategori sedang dan untuk persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sangat efektif (86,20%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Learning Cycle 7E yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


LKPD Berbasis Learning Cycle 7E, Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi

Anak-Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas

dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model

Problem Based Learning. Journal of

Elementary Education. 2(1): 36-44.

Apriani, D., Sujana, A., & Kurnia, D. 2016.

Penerapan Model Pembelajaran Learning

Cycle pada Materi Perubahan Sifat Benda

untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 781-790.

Arend, R. 2012. Learning to Teach. Ninth

Edition. New York: The McGraw-Hill

Companies.

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi

Aksara.

Azwar, S. 2015. Reabilitas dan Validitas.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Balta, N., & Sarac, H. .2016. The Effect of 7E

Learning Cycle on Learning in Science

Teaching: A Meta-Analysis Study. European

Journal of Educational Research. 5(2): 61-72.

Bedduise, N., & Hadis, A. 2019. Strategi

Belajar Mengajar Edisis Revisi. Makassar:

Badan Penerbit UNM.

Bybee, R. W., Rodger, W., Joseph, A. T.,

April, G., Pamela, V. S., Janet, C. P., Anne,

W., & Nancy, L. 2006. The Biological Science

Curriculum Study Learning Cycle Model 5E

Instructional Model: Origins, Applications

and Effectiviness.

(www.bscs.org./BSCS_5E_Instructional_Mo

del).

Chonga, V. D., Salimah., & Aicheongc, P. I.

Using an Activity Worksheet to

Remediate Students’ Alternative Conceptions

of Metallic Bonding. American International

Journal of Contemporary Research. 3(11):

-52).

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Darmojo, H., & Kaligis, J. 1992. Pendidikan

IPA 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan

Kebudayaan.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati & Mudjiono. 2003. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E

Model: A Proposed 7E Model Emphazies

“Transfer Learning” and The Importance of

Eliciting Prior Understanding. Journal

National Science Teacher Association. 70(6):

-102.

Eko, S. P. W. 2004. Evaluasi Program

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ergin, I., Kanli, U., & Unsal, Y. 2008. An

Example for The Effect of The 7E Model on

The Academic Success and Attitude Levels of

Students: Inclined Projectile Motion. Journal

of Turkish Science Education. 5(6): 47-59.

Fajaroh, F., & Dasna I. W. 2007.

Pembelajaran Model Siklus Belajar (learning

cycle). Jurnal Fakultas Sains dan Teknologi.

(3): 55-63.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program SPSS.

Semarang: UNDIP.

Hake, R. R. 1998. Interactive Engagement v.s

Traditional Methode: Six- Thousand Student

Survey of Mechanics Test Data for

Introductory Physics Courses. American

Journal of Physics. 66(1): 91-96.

Haling, A. 2006. Belajar dan Pembelajaran.

Badan Penerbit UNM Makassar.

Julianti, D. W., & Sumarmin. R. 2018. The

Development Worksheet Based on Scientific

Approach on Environmental Pullution Topic

for Junior High School Student Grade VII.

Internatinal Journal of Progressive Science

and Teknologies. 10(1): 54-58.

Karsli, F., & Sahin. C. 2009. Developing

Worksheet Based on Science Process Skills:

Factors affecting Solubility. Journal AsiaAfrica Forum on Science Learning and

Teaching. 10(1): 121-130.

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Livingston, K., & Condie R. 2006. Evaluation

of the Assessment is for Learning Programe.

International Journal of Glosgow University

Starthcyde. 12(1): 75-88.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Medriati. 2011. Pengembangan Model Siklus

Belajar (Learning Cycle) untuk

Mengembangkan Model Pembelajaran

Bidang SAINS di Sekolah Dasar. E-journal

Pendidikan Fisika JPMIPA FKIP. 2(2): 64-

Meltzer, D. E. 2002. The Relationship

Between Mathematics Preparation and

Conceptual Learning Gains in Physics: A

Possible “Hidden Variable” In Diagnostic

Pretest Scores, American journal of physics.

(12): 1259–1268.

Mudjiman, H. 2007. Belajar Mandiri.

Surakarta: UNS Press.

Munawaroh, H., Sudiyanto., & Riyadi. 2018.

Tearher’s Perceptions of Innovative Learning

Model Toward Critical Thinking Ability.

International Jounal of Education

Methodology. 4(3): 153-160.

Nashar, D. 2004. Peranan Motivasi Belajar

dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan

Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nieveen, N. 2010. Formative Evaluation in

Eduational Design Research. International

Journal of Netherlands. 35(2): 172-190.

Nuhoglu, H., & Yalcin, N. The Effectiviness

of the Learning Cycle Model to Increase

Student Achievement in The Physics

Laboratory. Journal of Turnish Science

Education. 3(2): 114-120.

Polyiem., Nuangchlerm., & Wongchantra.

Learning Achievement, Science

Process Skills, and Moral Reasoning of Ninth

Grade Students Learned by 7E Learning

Cycle and Socioscientific Issue-based

Learning. Australian Journal of Basic and

Applied Sciences. 5(10): 258-259.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:

Diva Press.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan

Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis.

Jurnal Ilmiah. 7(2): 113-124.

Rahmayani, A. B., Jatmiko., & Susantini, E.

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran IPA Materi Kalor

Menggunakan Learning Cycle 7E untuk

Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis

Siswa. Jurnal Ilmiah. 5(2): 957-965.

Rati, N. W., & Sucidamayanti, W. 2017.

Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered

Heads Together untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPS. Interntional Journal of

Elementary Education. 1(2): 115-124)

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rochmad. 2012. Desain Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal

Kreano. 5(6): 59-71.

Rostiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, R. M. 2014. Model-Model

Pembelajaran dalam Mengembangkan

Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar.

Makassar: Badan Penerbit UNM.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Kencana Pranamedia Grup.

Satria B., Slamet H. & Sulifah A. H. 2014.

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model

Learning Cycle pada pokok Bahasan

Pencemaran Lingkungan Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X

SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Jurnal

Pancaran FKIP Universitas Jember. 3(3): 83-

Simatupang, D. 2008. Pembelajaran Model

Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal FIB

Unimed. 10(1): 67-80.

Sinambela, N. J. M. P. 2006. Keefektifan

Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah

(Problem-Basedinstruction) Dalam

Pembelajaran Matematika untuk Pokok

Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas

X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera

Utara. Tesis. Surabaya: Program Pasca

Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Subali. 2002. Penilaian Pencapaian Hasil

Belajar Biologi. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Sudirman, A. M. 2012. Interaksi dan

Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT.

Gravindo Indonesia.

Sudjana, A. 2007. Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Gravindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip

dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Susilawati., Adnyana, P. B., & Swasta, I.

B. J. 2014. Pengaruh Model Siklus

Belajar 7E Terhadap Pemahaman Konsep

Biologi dan Sikap Ilmiah Peserta Didik.

E-journal Program Pascasarjana

Universitas Pendidikan Ganesha. 04(12):

-40.

Susilo, S. V. 2016. Metode Pembelajaran

Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan

Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal

Pendidikan Dasar. Jakarta: Prestasi

Pustaka. 71(1): 150-167.

Sutarno, E., & Mukhidin. 2013.

Pengembangan Model Pembelajaran

Berbasis Multimedia Interaktif

Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil

Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di

Kota Bandung". Jurnal Pendidikan

Teknologi Dan Kejuruan. 21(3): 203-218.

Suwarto. 2013. Pengembangan Tes

Diagnostik dalam Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trevor, N. (2005). There is a Worksheet

to be Followed: A Case Study of a Science

Teacher's Use of Learning Support Texts

for Practical Work. African Journal of

Research in Mathematics, Science and

Technology Education. 9(2):110-120.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model

Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran

Terpadu: Konsep, Strategi, dan

Implementasinya dalam Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, H. 2013. Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyoko. 2012. Teknik Penyusunan

Instrumen Penelitian. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

William, H., & Katherine, H. 2003. ELearning Tools and Technologies: A

consumer guide for trainers, teachers,

educators, and instructional designers.

USA Online Journal of Educational

Technology. 10(1): 136–142.


Article Metrics

Abstract view : 144 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Fadillah, Nurhayati B, Arsad Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License