PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 10 GOWA
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i1.31240
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learningterhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas XI MIA SMA Negeri 10 Gowa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu pretest-posttest nonequivalent control group design. Keterampilan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes essay pada materi sistem sirkulasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model problem-based learningadalah 73 yang masuk dalam kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0.00.
Keywords
Article Metrics
Abstract view : 96 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nur Suhaiba Sinusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh