PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 10 GOWA

Nur Suhaiba Sinusi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i1.31240

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learningterhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas XI MIA SMA Negeri 10 Gowa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu pretest-posttest nonequivalent control group design. Keterampilan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes essay pada materi sistem sirkulasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model problem-based learningadalah 73 yang masuk dalam kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0.00. 


Keywords


keterampilan berpikir kritis;problem-based learning;konvensionall

Article Metrics

Abstract view : 96 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Suhaiba Sinusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License