EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 TAKALAR

Ina Wahyuni(1*), Syamsiah .(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i1.24044

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran
problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
mata pelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design
dengan menggunakan One Group Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 5 Takalar. Sampel penelitian dipilih dengan
tujuan tertentu (purposive sampling) yaitu teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu sehingga diperoleh satu kelas yaitu kelas XI MIA 1 yang
berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara full daring. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes. Data yang terkumpul dianalisis
secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa nilai rata-rata posttest 81.04 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest yaitu
54.26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran problem based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 5 Takalar.


Keywords


Effectiveness, problem based learning model, critical thinking skills

References


Handayani, D., & Hariyatmi. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Teras, Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Sains, 5(1).

Haryanti, Y.D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2).

Made, W. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusparini, S.T. (2017). Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sianturi, A., Sipayung, T.N., & Simorangkir, F.M.A. (2018). Pengaruh Model

Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).

Supiandi, M.I & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif

Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 4(2).


Article Metrics

Abstract view : 175 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ina Wahyuni, Syamsiah.msi Syamsiah msi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License