Hubungan Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai

Hartina Harjuna(1*), Yusminah Hala(2), Rachmawaty Muchtar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i1.23664

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI SMAN di Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai yaitu SMAN 1 Sinjai dan SMAN 5 Sinjai. Jumlah populasi sebanyak 343 orang dan berdasarkan perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 238 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional, kepercayaan diri dan motivasi belajar serta dokumentasi hasil belajar biologi peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan kepercayaan diri, variabel terikat yaitu hasil belajar dan variabel intervening yaitu motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan uji analisis jalur. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kecerdasan emosional berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar tanpa melalui motivasi belajar. Kepercayaan diri berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar tanpa melalui motivasi belajar.

Keywords


kecerdasan emosional, kepercayaan diri, motivasi belajar, hasil belajar Biologi

References


Asiyah., Walid, A. dan Kususmah, R. G. T. 2019. Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasu Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(3), pp. 217-226

Astuti, W. W., Sukardi, F. S. F. dan Partono, P. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Atfaliyah, N. 2012. Hubungan Kecerdasan Emosional Quotient dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Taman Islam Bogor. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Aziza, N. dan Rissyo Melandy, R. M. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. pp. 17–19.

Dakhi, A. S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), pp. 468–468.

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Edisi kedua Jakarta: PT’, Rineka Cipta.

Dwisakti, A. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN Se Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Pascasarjana: Universitas Negeri Makassar.

Faizi, F. M. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasa,. 3 (2), ISSN 2548-6950.

Furnham, A. 2012. Emotional intelligence. INTECH Open Access Publisher.

Hakim, T. 2002. Mengenal Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hamdu, G. dan Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1), pp. 90–96.

Indriawati, P. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), pp. 59–77.

Maisaroh, M. dan Rostrieningsih, R. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(2), p. 17197.

Marwah, S., Jufri, M. dan Caronge, M. W. 2018. Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. UNM Journal of Biological Education, 1(1), pp. 1–5.

Nasution, F. A. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa UMSU. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 9(2).

Pangestika, N. S. 2016. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Berprestasi Rendah Di Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Ngemplak. BASIC EDUCATION, 5(8), pp. 813–826.

Prayoga, H. A. 2017. Pengaruh Stres Akademik dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Roy, B., Sinha, R and Suman, S. 2013. Emotional Intelligence and Academic Achievement Motivation Among Adolescend: A Relationship Study. Journal of Arts, Science & Commerce. ISSN 2231-4172.

Saenab, S. et al. 2019. Keterampilan Metakognitif dan Motivasi Mahasiswa pada Perkuliahan Biologi Dasar di Universitas Negeri Makassar. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam. 8(1), p. 37. doi: 10.35580/sainsmat81101872019.

Saptono, Y. J. 2016. Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), pp. 181–204.

Setyowati, D. dan Widana, I.W. 2016. Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal EMASAINS, 5 (1). ISSN 2302-2124.

Syam, A. dan Amri, A. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek. 5(1), pp. 87–102.

Sufirmansyah. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI Stain Kediri Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Didaktika Religia. 3 (2).

Thursan, H. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Pupspaswara.

Uno, Hamzah. B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, S. A., Damayanti, E. dan Ismail, W. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), pp. 1–13.

Vandini, I. 2016. Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).


Article Metrics

Abstract view : 191 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hartina Harjuna, Yusminah Hala, Rachmawaty Muchtar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License