PENGEMBANGAN E-BOOKLET MITIGASI BENCANA BANJIR BERBASIS MASALAH KELAS XI DI SMAN 71 JAKARTA

Rafiqa Triarmanti(1*), Rayuna Handawati(2), Lia Kusumawati(3),

(1) Prodi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
(2) Prodi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v6i2.51098

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbentuk e-booklet berbasis masalah. Tujuan lain yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk untuk (1) menguji kelayakan bahan ajar berbentuk e-booklet mitigasi bencana banjir berbasis masalah dan (2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel yaitu model 4D (Define, Design, Development, & Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan lembar validasi. Observasi dan wawancara dilakukan pada tahap awal penelitian. Angket digunakan untuk mengumpulkan data respon peserta diidk sebagai user terhadap penggunaan e-booklet mitigasi bencana banjir. Lembar validasi untuk mengukur kelayakan e-booklet yang dikembangkan. Validasi e-booklet dilakukan oleh 2 orang validator materi dan media. Indikator penilaian kelayakan e-booklet berupa kelayakan isi atau materi, desain, dan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis metode presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi terhadap e-booklet mitigasi bencana banjir memperoleh rata-rata 76% dari ahli materi 97% dari ahli media yang jika dirata-ratakan mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Penilaian guru diperoleh presentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon peserta didik diperoleh 98% dengan kategori “Sangat Baik”.

Keywords


Pengembangan, E-Booklet, Berbasis Masalah, Mitigasi Bencana Banjir

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bentearu, F., Lihawa, F., Maryati, S., Yusuf, D., Pengembangan Media Focusky, Materi Interaksi Keruangan Desa Dan Kota Di SMA Negeri 1 Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. UNM Geographic Journal. 6 (1), 01-09. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/UGJ/article/view/46257/22739

BNPB. 2023. Infografis Bencana Tahun 2022. Teknologi Jaringan. Retrieved from https://bnpb.go.id/infografis/infografis-bencana-tahun-2022

Depdiknas. (2017). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fauziyah, Z. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas Xi Mia I Madrah Aliyah Alauddin Pao-Pao Dan Man 1 Makassar. UIN Alaudin Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8331/1/ZAMZAM FAUZIYAH.pdf

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4340–4348. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Indonesia. 2007. UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta.

Jahnke, I., & Liebscher, J. (2020). Three Types Of Integrated Course Designs For Using Technologies To Support Creativity In Higher Education. Computers & Education.

Lestari, S. (2018). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70. Universitas Pendidikan Ganesha. Retrieved June 22, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/334246384_Pengembangan_E-Modul_Berbasis_Model_Pembelajaran_Project_Based_Learning_Pada_Mata_Pelajaran_Videografi_untuk_Siswa_Kelas_X_Desain_Komunikasi_Visual_di_SMK_Negeri_1_Sukasada

Restiyowati, I., & Sanjaya, I. G. M. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA, 1(1), 130–135.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Keempat.). Jakarta: Prenadamedia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung.). Alfabeta.

Thiagarajan, S., & Others, A. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Council for Exceptional Children, 1920 Association Drive, Reston, Virginia 22091 (Single Copy, $5.50).

Thomas, A., & Edson, A. J. (2019). A Framework for Teachers’ Evaluation of Digital Instructional Materials: Integrating Mathematics Teaching Practices with Technology Use in K-8 Classrooms. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (CITE Journal), 19(3). Society for Information Technology and Teacher Education. P.O. Box 719, Waynesville, NC 28786. Fax: 828-246-9557; Web site: http://www.citejournal.org/.

Wirda, M. A., Berutu, N., Rohani, R., & Rosni, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biogeografi Berbasis Konstruktivis Di Kelas B Regular TA 2016/2017 Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan. JURNAL GEOGRAFI, 9(2), 166–173. Retrieved June 27, 2023, from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/view/7061


Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rafiqa Triarmanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

UNM Geographic Journal is Indexed in

Editorial Office of UNM Geographic Journal: