Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kompetensi sosial siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kahu

Kamsinar Kamsinar(1*), Muh Said(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v6i1.45122

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran PjBLsiswa kelasVIIISMPNegeri 1Kahu dan kompetensi sosial siswa dalam mata pelajaran IPSkelasVIIIdiSMP Negeri 1kahu.3)agar memahami dampakpelaksanaaanmodelpembelajaranProjectBased Learning(PjBL)dalammeningkatkankompetensisosialsiswapadamatapelajaranIPS siswakelasVIIIdi SMPNegeri 1Kahu.Selanjutnya metode penelitian dipakai, yaitu metode pendekatan kuantitatifdeskriptif. Variabel penelitian terdiri dari modelpembelajaranPjBL (Variabel X) sertapeningkatankompetensi sosial siswa (VariabelY).Teknikpengumpulandatamemakaiobservasi,angketsertadokumentasi.Teknikanalisisdatadipakai yaknistatisticdeskriptifdananalisisinferensial.Hasil Penilitan menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL efektif mengembangkan kompetensi sosial siswa terhadap mata pelajaran IPS di sekolah, meskipun masih terdapat kekurangan dalam indikator Orientasi Masalah.Kompetensi sosial siswa terhadap mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Kahu termasuk dalam kategori "tinggi". Siswa memiliki kompetensi objektif, berkoordinasi dan bekerjasama dengan teman tanpa membedakan latar belakang dan memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan sopan. Siswa juga mampu memahami dan mempraktekan norma-norma sosial dan memiliki kemampuan memecahkan masalah sosial secara adil dan jujur. Kompetensi sosial ini membantu siswa dalam membangun hubungan harmonis dan bekerjasama dengan orang lain. Pada IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone ditemukan jika model PjBL berdampak signifikan serta positif pada kompetensi sosial siswa berdasarkan temuan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif dan metode analisis inferensial.


Full Text:

PDF

References


Kurikulum 2013 Strategi. Alternatif Pembelajaran di Era Global. Kalimedia.

Grant, M. . (2002). Getting A Grip On Project-Based Learning: Theory, Cases And Recommendations. North Carolina: Meridian A Middle School Computer Technologies. 5. http://www.ncsu.edu/meridian/win2002/514/project-based.pdf

Kusadi, Ni Made, R., I Putu, S., & I Wayan, K. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Volume 3 N.

Marzuki, K., Suardi, & Natsir, N. (2021). Model Project Based Learning dalam Setting Pembelajaran Daring Pada Pebelajar Orang Dewasa (Studi Pada Program Kesetaraan Satuan Pendidikan Nonformal).

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. PT.Bumi aksara.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Radja grafindo Persada.

Sri, W. (2019). Spiritual Intervention and Thermal Stimulation in Pregnant Women with Back Pain.

Sugihartono, & Dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D Cetakan Ke 23. Alfa Beta.

Suherman, E., & Winataputra, U. S. (1993). trategi Belajar Mengajar Matematika. Universitas Terbuka.

Suprihatingrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-ruzz Media.

Sutrisna, G. B. B., WayanSujana, I., & Ganing, N. N. (n.d.). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya.

Suyanto, & Asep, J. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga.

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Brekarakter Strategi Membangun. Kompetensi & Karakter Guru. Pustaka Belajar.

Winarno, S. (1986). Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan. Teknik Metodologi Pengajaran. Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ina Rasdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

UNM Geographic Journal is Indexed in

Editorial Office of UNM Geographic Journal: