PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS OUTDOOR LEARNING DALAM MEINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII SMPN 4 POLEWALI

Rabiatul Adawiyah(1*), Muh Said(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v6i1.44771

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Gambaran Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning di SMPN 4 Polewali, 2) Gambaran Prestasi Siswa kelas VII di SMPN 4 Polewali 3) Pengaruh Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII di SMPN 4 Polewali. Adapun metode penelitian yang digunakan, yaitu metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning (Variabel X) dan Peningkatan Prestasi Siswa (Variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kusioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning (variabel X) di SMPN 4 Polewali berada dalam kategori "sangat tinggi",sebagaimana data yang diperoleh dari pengisian angket penelitian yang disugukan berdasarkan indikator persiapan, pengumpulan data, analisis data pengamatan outdoor, dan presentasi hasil laporan. Ada 48 respondenyang menjawab sangat setuju/sangat tinggidari jumlah sampel 64 respoden. Ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan proses pembelajaran IPS berbasis outdoor learning yang dilakukan SMPN 4 Polewali sangat baik. 2) Gambaran Peningkatan Prestasi Siswa (variabel Y) di SMPN 4 Polewali berada pada kategori "Tinggi" sebagaimana data yang diperoleh dari pengisian angket penelitian berdasarkan indikator kognitif, afektif dan psikomotorik. Ada 31 responden yang menjawab setuju/tinggi, 30 responden menjawab sangat setuju/sangat tinggi, dan 3 responden menjawab kadang-kadang/sedang. Ini menunjukkan bahwa yang mendominasi dari pengisisan angket penelitianyaitu Setuju/Tinggi. Oleh karena itu, peningkatan prestasi siswa (Variabel Y) masuk kategori "Tinggi".3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning terhadap peningkatan prestasi Siswa SMPN 4 Polewali, yaitu berada pada kategori "Kuat". Mengapa demikian, karena secara signifikan dilihat dari koefisien r = 0,657 kemudian dikonsultasikan pada tabel interpertasi nilai r berada pada interval 0,60 – 0,799 yang menunjukkan tingkat pengaruh yang "Kuat".

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. Strategi Pembelajaran, 2(2), 120.

Casriatun. (2019). Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Pada Peserta Didik. Tesis, 1–208.

Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675

Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Repoblik Indonsi(Ii, 2013)Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01), 1–13.

Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01), 1–13.

Hamalik ( 2002 : 57 ) menjelaskan bahwa pengajaran merupakan kombinasi yang terdiri dari unsur-unsur manusiawi , material , fasilitas dan prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan . diberikan oleh. 1–8.

Nurhartina, A., & Torobi, I. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa SD PGRI Serui. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.667

Nurjannah, E., Martini, & Susiyawati, E. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Sains Outdoor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(1), 29–34. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38488/33908

Prof. Suliyanto.pdf(Pelatihan Metode Penelitian_Prof. Suliyanto.Pdf, n.d.)Pelatihan Metode Penelitian_Prof. Suliyanto.pdf. (n.d.).

Qodri, A. (2017). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.

SANGID, A., & MUHIB, M. (2019). Strategi Pembelajaran Muhadatsah. Tarling : Journal of Language Education, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2226

Syafi’i, A., Marfiyanto Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek

Wahyuningsih, D., Hardati, P., & Indrayati, A. (2017). Data Kependudukan Sebagai Sumber Belajar Pembelajaran Geografi dengan Metode Outdoor Learning Kelas Xi Ips Ma Al- Hidayah 1 Purwareja Klampok. Edu Geography, 5(3), 142–151.

Yenny, I. L., Program, S., Pendidikan, K., & Fkip, U. (2018). Penerapan Outdoor Learning Pada Siswa Kelas ViII SMP Negeri 8 Pontianak. MIPA Universitas Tnjungpura, 1(1), 71–85.

Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). CV. Putra Media Nusantara, 1–232. https://core.ac.uk


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rabiatul Adawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

UNM Geographic Journal is Indexed in

Editorial Office of UNM Geographic Journal: