Implementasi Model Project Based Learning Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur

Syarifuddin Syarifuddin(1*), Ramli Umar(2), Rosmini Maru(3),

(1) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan UPT SMA Negeri 8 Luwu Timur
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v2i2.10790

Abstract


 This study aims to describe the implementation of Project-Based Learning models in geography learning. The type of research is survey research. The subjects in this study were the teacher of geography, the deputy head of the curriculum, and the principal. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. The results showed that the form of Project-Based Learning implementation in learning geography with details: learning planning, learning implementation, and learning assessment. In learning planning is done by analyzing the contents of the 2013 curriculum content and learning design planning. Furthermore, the implementation of learning is done by determining the project, designing project completion steps, preparing project implementation schedules, completing projects, preparing reports, presenting project results, and evaluating project processes and results. Meanwhile, the assessment of learning is carried out on the aspect of attitude using observation techniques, self-assessment, and assessment between friends. Assessment of aspects of knowledge using written test techniques and assignments, as well as skills assessment using project results assessment techniques.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi  model Project-Based Learning pada pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi, wakil kepala bidang kurikulum, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi Project-Based Learning pada pembelajaran geografi dengan rincian: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menganilisis standar isi kurikulum 2013 dan desain  pembelajaran. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek, penyusunan laporan, presentasi hasil proyek, dan evaluasi proses serta hasil proyek. Sementara, penilaian pembelajaran dilakukan pada aspek sikap dengan menggunakan teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian pada aspek pengetahuan dengan menggunakan teknik  tes tertulis dan penugasan, serta penilaian keterampilan dengan menggunakan teknik penilaian hasil proyek.



Keywords


Project-Based Learning Model; Geography; Model Project-Based Learning; Geografi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Morissan, M. dkk. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Paramita, Ardiansyah. 2016. Materi Pokok Geografi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Parwati, Ni Yoman. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholeh, Muh. 2017. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks Kukrikulum 2013. Jurnal geografi, volume 4 nomor 2.

Sucipto, Hadi. 2017. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. Volume 1 Nomor 1.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumaatmadja, Nursid. 2014. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Alumni.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 syarifuddin chali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

UGJ IS INDEXED BY

 

UGJ IS PUBLISHED BY :

Geography Education Postgraduate Program

Universitas Negeri Makassar


UGJ IS LICENSED BY :

Creative Commons License
UNM Geographic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

UGJ EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus Barat Gedung AB01 Lantai 1, Jalan Bontolangkasa, Makassar.

For StatCounter Click View My Stats