Model Pelatihan Teknologi Sablon Digital Guna Meningkatkan Kreatifitas Kepada Karang Taruna Maero Kabupaten Jeneponto

Muzaki Muzaki(1*), Nur Hadijah Yunianti(2), Hermawati Hermawati(3),

(1) STMIK Handayani Makassar
(2) Universitas Bosowa
(3) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v5i1.34415

Abstract


Model pelatihan ini adalah Pengabdian bagi masyarakat dalam bentuk PKM. PKM ini dilatarbelakangi dari minat masyarakat terhadap wirausaha yang kurang, karena mereka berpikir tingginya modal yang akan mereka gunakan, oleh karena itu PKM ini hadir sebagai upaya untuk memberikan solusi bahwa sebuah usaha dapat dilakukan tanpa harus menggunakan modal yang besar, hanya diperlukan sedikit kreatifitas dan penerapan iptek untuk membarikan solusi yang tepat. PKM Sablon Kaos Digital ini bertujuan untuk a) mendesain produk sablon berupa kaos, b) memberikan pelatihan wirausaha kepada Karang Taruna, c) memberikan pengalaman kerja pada peserta dan d) komersialisasi produk sablon di Kab. Jeneponto.Metode yang digunakan dalam PKM bagi masyarakat ini adalah dengan mendesain produk sablon dan mug untuk melatih skill peserta agar siap untuk bersaing di dunia usaha, mengadakan pelatihan, praktek, pendampingan dan pemantauan. Dengan pengabdian bagi masyarakat ini diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk mendesain, mencetak dan memasarkan produk sablon agar meningkatkan minat wirausaha dan mendapatkan penghasilan.


Keywords


Pelatihan; Karang taruna; Sablon Digital, Wirausaha

Full Text:

PDF

References


Assauri,S.1987. Manajemen Pemasaran, Konsep dan Strategis, Rajawali Press ,Jakarta.

B.F.Hoselita, Entrepreneurship and Economic Grow. American Journal of Economic and Sociology, dalam Salim Siagian; “Kewirausahaan Indonesia, Jakarta, 1995.

Kartasaputra,A.G. 1989. Ekonomi Produksi. Bina Aksara, Jakarta.

Maflahah, Iffan. 2010, Studi Kelayakan Industri Telur Bubuk di Kab. Cianjur, Embriyo Vol.7 No.2, Madura.

Reksohadiprojo Sukanto. 1995, Manajemen Produksi dan Operasional, Yogyakarta.

Surachman.S.dkk, 1991, Intisari Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit PT.Remaja Rosoa Karya, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 143 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.