Analisis Perangkat Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Metode Steinberg Yang Praktis Di Sekolah Dasar

Kasmawati Kasmawati(1*), La Sisi La Sisi(2), Arna Juwairiyah(3), Chairan Zibar L Parizu(4),

(1) Universitas Sulawesi Tenggara
(2) Universitas Sulawesi Tenggara
(3) Universitas Sulawesi Tenggara
(4) Universitas Sulawesi Tenggara
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v4i3.28234

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menjelaskan, memaparkan, dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses membaca permulaan berbasis metode Steinberg yang efektif di sekolah dasar. Pengembangan perangkat pembelajaran membaca permulaan dalam penelitian ini mengacu pada Model Thiagarajan Model 4-D. Model ini terdiri atas 4 (empat) tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan desseminate atau diadaptasikan menjadi Model 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran yang dimodifikasi langkah-langkahnya pada tahapan define.  Subjek penelitiannya yaitu perangkat pembelajaran membaca permulaan berupa silabus, RPP dan bahan ajar yang akan dikembangkan. Data penelitian berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh peserta didik yakni 28 orang yang terdiri dari 10 laki-laki, 18 perempuan,  yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran membaca permulaan berbasis metode Steinberg meningkat kemampuannya dalam membaca permulaan dengan persentase  antara 10–88 persen. Rata-rata kemampuan membaca permulaan pada pretes mencapai 51,4% sedangkan pada postes mencapai 71,3%.

Kesimpulan penelitian ini yaitu Seluruh peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran membaca permulaan berbasis metode Steinberg meningkat kemampuannya dalam membaca permulaan. Pengembangan perangkat pembelajaran membaca permulaan Berbasis Metode Steinberg sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca permulaan di kelas I. 


Keywords


pembelajaran, efektif, membaca, metode Steinberg

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. W., Prihamdani, D., & Julianisa, D. D. (2019). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 478–486.

Ettinger, A. (2020). What BERT is not: Lessons from a new suite of psycholinguistic diagnostics for language models. Transactions of the Association for Computational Linguistics, 8, 34–48.

Faisal, F., & Lova, S. M. (n.d.). Guru literasi (teachers of literacy): pengembangan desain pembelajaran membaca berbasis drta sebagai upaya membangun generasi literat abad 21 di kelas v sekolah dasar. Seminar nasional pgsd unimed, 2(1), 149–163.

Foorman, B. R., Petscher, Y., & Herrera, S. (2018). Unique and common effects of decoding and language factors in predicting reading comprehension in grades 1–10. Learning and Individual Differences, 63, 12–23.

Gehlbach, H., & Robinson, C. D. (2021). From old school to open science: The implications of new research norms for educational psychology and beyond. Educational Psychologist, 56(2), 79–89.

Haris, R., Haryoko, S., Jasruddin, J., & Pertiwi, N. (2018). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Tentang Kewirausahaan Yang Berwawasan Lingkungan Di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNP2M PNUP).

Hutton, J. S., Justice, L., Huang, G., Kerr, A., DeWitt, T., & Ittenbach, R. F. (2019). The Reading House: a children’s book for emergent literacy screening during well-child visits. Pediatrics, 143(6).

Kasmawati, K. (2020). A Application of Joyful Learning Learning Model assisted by GPS Harta Karun to Increase Student Motivation in Thematic Learning at SD Negeri 2 Lamokato. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 80–93.

Nanda Saputra, M. P., Meilana, S. F., Amelia, D. J., Cholifah Tur Rosidah, S. P., Widya, A. F., & Diani Ayu Pratiwi, M. P. (2021). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Media Sains Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.

Taipo, R., & Mansyur, M. (n.d.). Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Kelas Ii Sdn 11 Kendari. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 73–79.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Environmental Education Postgraduate Program

Universitas Negeri Makassar

Jl.Bonto Langkasa Gunungsari Makassar 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang Prodi PKLH Lt.1,Indonesia

Email : uej@unm.ac.id, dan uej.pklhunm@gmail.com

Hp. +62 812-4283-204 (an. Nurlita Pertiwi) & +62 8563-605-097 (an. Muzaki)

ISSN : 2599-2902 (Online)

ISSN : 2598-6090 (Print)

UNM Environmental Journals is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

UNM Environmental Journals Indexed by