Gambaran Pengelolaan Sanitasi Lingkungan Di Sungai Code Yogyakarta

Peni Setyowati(1*), Muzaki Muzaki(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) STMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v4i2.22736

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sanitasi lingkungan pada masyarakat yang bermukim di bataran Sungai Code Kota Yogyakarta. Pengelolaan sanitasi tersebut mencakup pengelolaan sampah, pengelolaan air bersih dan pemeliharaan saluran air kotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif dengan melibatkan sembilan orang informan yang ditentukan berdasarkan lamanya bertempat tinggal di lokasi kajian. Teknik analisis data bersifat uraian narasi berdasarkan hasil wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sanitasi lingkungan pada masyarakat di bantaran Sungai Code sangat minim. Hal tersebut  ditandai dengan pengelolaan sampah yang ttidak tepat yaitu menggunakan plastik sekali pakai serta membuangnya langsung ke badan sungai atau saluran air. Pengelolaan air bersih juga relatif rendah yaitu dengan memanfaatkan langsung air sumur dengan kualitas keruh. Saluran air kotor umunya tidak diberishkan secara berkala dan bahkan terdapat penimbunan sampah.

Keywords


pengelolaan sampah, air bersih dan saluran air kotor, waste management, clean water and sewerage.

Full Text:

PDF

References


Ayilara, M. S., Olanrewaju, O. S., Babalola, O. O., & Odeyemi, O. (2020). Waste management through composting: Challenges and potentials. Sustainability, 12(11), 4456.

Effendi, H., 2015. Simulasi Penentuan Indeks Pencemaran dan Indeks Kualitas Air (NSF-WQI). Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Li, J., Zhang, D., & Su, B. (2019). The impact of social awareness and lifestyles on household carbon emissions in China. Ecological Economics, 160, 145-155.

Mustikawati, D., Hadi, M., 2016. Pengaruh Varians Umpan Aroma Terhadap Jumlah Lalat yang Terperangkap Dalam Perangkap Warna Kuning (Studi di Kandang Sapi Dusun Tegalsari Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat 4, 7.

Notoatmodjo, S., 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Cetakan Pertama, Jakarta: Rineka Cipta.

Puspitasari, D.E., 2019. Dampak Pencemaran Air terhadap Kesehatan Lingkungan dalam Perspektif Hukum Lingkungan (Studi Kasus Sungai Code di Kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan dan Kelurahan Prawirodirjan Kecamatan Gondomanan Yogyakarta) 12.

Sarengat, N., Yuniari, A., Setyorini, I., 2015. Kajian Potensi Pencemaran Industri Pada Lingkungan Perairan di Daerah Istimewa Yogyakarta 32.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Syarifuddin, S., Bachri, A.A., Arifin, S., 2018. Kajian Efektivitas ProgramSanitasi Total Berbasis Masyarakat Berdasarkan Karakteristik Lingkungan dan Evaluasi Program di Kabupaten Banjar JBK 3, 1.

UU No. 23 tahun 1997 Bab 1 Pasal 1 Ayat (2) . Presiden Republik Indonesia. URL https://www.zotero.org/ (accessed 5.16.21).

Widyasari, T., 2019. Beban Pencemaran Sumber Limbah di Sungai Code. jts 5, 144–154. https://doi.org/10.28932/jts.v5i2.1319


Article Metrics

Abstract view : 727 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.