EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN SE-WILAYAH IV KECAMATAN DONRI DONRI KABUPATEN SOPPENG
(1) SD Negeri 4 Kalenrunge, Watansoppeng
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aman dan Kumalasari, D. 2008. Faktor-Faktor Pendukung Kualitas Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta. UNY.
Ali, S. & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Arikunto, S. & Jabar, C. 2010. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2008. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Cruickshank, D.R. 1990. Research that informs teachers and teacher educators. Bicomington. Indiana: Phi Delta Kappa Educational Foundation
Darling, L. & Hammond. 2000. Teacher quality and student achievement: A Review of state policy evidence. Education Policy Analysis Archives. Volume 8 Number 1. Diambil pada tanggal 17 Pebruari 2006 dari http://epas.asu.edu/epas/v8n1
Dunn, W. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Yokyakarta: Gadjamada University Press.
Giantera, D. R. 2013. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Semarang: UNES.
Gunawan. 2011. Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Hadiyanto & Subiyanto. 2003. Pengembalian kebebasan guru untuk mengkreasi iklim kelas dalam manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan no. 040. Januari 2003. diambil pada tanggal 6 September 2006 dari http://www.depdiknas.go.id.
Hermawan, A.H dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta
Himam, Fathul. 2004. Rekayasa Sistem Penilaian Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: HEPI.
Husna, R. 2013. Pengaruh Iklim Kelas dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Pontianak: Universitas Tanjungpinang.
Ibrahim Bafadal. 2003. Manajemen perlengkapan sekolah. Teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yokyakarta: Nuha Medika.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morrison, D.M. & Mokashi K. & Cotter, K. (2006). Instructional quality indicators: Research foundations. Cambrigde. Diambil pada tanggal 17 Maret 2006 dari www.co.nect.net
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2005. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Permendiknas no 41 tahun 2007 tentang standar proses
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Rasyid, H.& Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada
Schacter, J. 2006. Teacher performance-based accountability : why, what and how. Santa Moica: Miken Family Foundation. Diambil pada tanggal 15 Pebruari 2006 dari http://www.mff.org/pubs/ performance-assessment. pdf.
Soemantri, M. N. 2001. Mengagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remadja Rosda Karya.
Stufflebeam, DL. 2012. CIPP Evaluation Model Checklist. NYLC Resource Center.
Sudjana, H. D. 2006, Evaluasi Program PLS, Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumaatmadja, Nursid. 1980. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni.
Sukardi, M. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardan, Dadan. 2001. “Kreativitas Guru Sejarah dalam Proses Pembelajaran: Studi Kasus di SMU Kotamadya Bandung”, dalam Historia: Jurnal Pendidikan Sejarah, No.3 Vol.II. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah UPI.
Surakhmad, Winarno. 2000. Metodologi Pengajaran Nasional. Jakarta: UHAMKA.
Sjamsuddin. 2005. Model-Model Pengajaran. Bandung: UPI
Tayibnapis, F. Y. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianda, S. T. 2014. Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pontianak: Universitas Tanjungpinang.
Usmani, Mohammad. Et all. 2012. Meta Evaluation of a Teachers’ Evaluation Programe Using CIPP Model. Pakistan: Proceedings International Converence. Vol 65 July 2012.
Widja, I. Gde. 1989. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.
Widoyoko, S.E.P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2004. “Multicultural Perspective in Teachhing History to the Chinese Indonesian Studies”, dalam Historia: Jurnal Pendidikan Sejarah, No.9 Vol.V. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah UPI.
Wirawan. 2011. Evaluasi (Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi). Jakarta: Rajawali Pers.
Yuksel, I. 2010. How to Conduct a Qualitative Program Evaluation in the Light of Eisner’s Educational Connoisseurship and Criticism Model. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, October 2010, 1(2).
Zhang, Guili. Et all. 2011. Using the CIPP as a Comprehensive Framework to Guide the Planing, Impelentation and Assesment of Service-Learning Programs. Georgia: Journal of Higer Education and Engangement, Volume 15.
Article Metrics
Abstract view : 1327 times | PDF view : 157 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.