Karakteristik Hardiness Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi Dimasa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Waktu Pengerjaan Skripsi

Fika Anggawati(1*), Pratista Arya Satwika(2),

(1) ADHD Center, Omah Lebah Kecil
(2) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Proses mengerjakan skripsi sering dianggap sebagai tekanan yang menjadikan mahasiswa rentan mengalami stres. Adanya pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 menjadi tambahan stressor yang menuntut mahasiswa tingkat akhir untuk beradaptasi dengan segala perubahan. Hardiness atau karakteristik tahan banting dibutuhkan mahasiswa untuk tetap bertahan dan melanjutkan proses pengerjaan skripsinya. Namun situasi yang dihadapi mahasiswa yang mengerjakan skripsi di tahun pertama berbeda dengan tahun-tahun selanjutnya. Oleh sebab itu, karakteristik hardiness mahasiswa yang mengerjakan skripsi di tahun pertama dimungkinkan berbeda dengan mahasiswa yang mengerjakan skripsi di tahun kedua, ketiga, dan seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik hardiness pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada tahun pertama hingga kelima di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian adalah 61 mahasiswa fakultas psikologi yang berasal dari lima angkatan, yakni angkatan 2013 sampai 2017 yang sedang mengerjakan skripsi. Instrumen penelitian menggunakan skala hardiness (α=0,832) yang disebar secara daring. Analisa data menggunakan uji kruskal wallis, dan hasilnya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.041 (<0,05), artinya terdapat perbedaan hardiness pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di tahun pertama hingga kelima. Karakteristik hardiness mahasiswa yang mengerjakan skripsi di tahun pertama dan ketiga termasuk dalam kategori tinggi, sedang tahun ke dua, empat dan lima termasuk dalam kategori rendah.

 

Kata Kunci: hardiness; lama waktu mengerjakan skripsi; mahasiswa tingkat akhir


Full Text:

PDF

References


Abbasi, M., Ghadampour, E., Hojati, M., & Senobar, A. (2020). Moderating effects of hardiness and optimism on negative life events and coping self-efficacy in first-year undergraduate students. Anales de Psicologia, 36(3), 451–456. https://doi.org/10.6018/analesps.402111

Abdollahi, A., Hosseinian, S., Nooripour, R., & Najafi, M. (2017). Clarifying the Roles of Hardiness and Hopelessness in Relation to Suicidal Ideation Among Malaysian Undergraduate Students. Practice in Clinical Psychology, 5(4), 243–250. https://doi.org/10.29252/nirp.jpcp.5.4.243

Anandayu, D. N. J. (2020). Kecemasan Akademik Dan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Yang Mengalami BDR (Belajar Dari Rumah). Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Anggraini, M. S. (2017). Kajian Kendala Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Arishanti, N., & Juniarly, A. (2019). Hardiness, Penyesuaian Diri dan Stres pada Siswa TAruna. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(2), 163–174.

Ayu, E. D. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Program Pendidikan Biologi FKIP UMS Dalam Penulisam Skripsi Selama Pandemi COVID-19 Tahun Akademik 2019/2020 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Budiman, & Ardianty, S. (2017). Pengaruh Efektivitas Terapi Self Healing Menggunakan Energi Reiki terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 141–148. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1227

Damayanti, R. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi Pada Situasi Pandemi Covid 19 [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. In Skripsi. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14243

Dewi, N. R. (2018). Kesulitan Mahasiswa Semester Akhir dalam Menyusun Skripsi. Universitas Islam Neferi Sulthan Thaha Saifuddin.

Epishin, V. E., Salikhova, A. B., Bogacheva, N. V., Bogdanova, M. D., & Kiseleva, M. G. (2020). Mental Health and the COVID-19 Pandemic: Hardiness and Meaningfulness Reduce Negative Effects on Psychological Well-Being. Psychology in Russia: State of the Art, 13(4), 75–88. https://doi.org/10.11621/PIR.2020.0405

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Haghighatgoo, M., Besharat, M. A., & Zebardast, A. (2011). The relationship between hardiness and time perspective in students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30(December), 925–928. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.179

Hamre, K. V., Einarsen, S. V., Hoprekstad, Ø. L., Pallesen, S., Bjorvatn, B., Waage, S., Moen, B. E., & Harris, A. (2020). Accumulated long-term exposure toworkplace bullying impairs psychological hardiness: A five-year longitudinal study among nurses. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(7), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17072587

Kintama, A. Y. (2020). Bimbingan Skripsi Daring Selama Pademi COVID-19 Pada Mahasiswa PGSD UWKS : Hambatan Dan Solusi. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Kobasa, S. C. (1979). Stressful Life Events, Personality, and Health: An Inquiry Into Hardiness. Journal of Personality and Social Psychology, 37(1), 16–20. https://doi.org/10.1007/BF00263951

Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Kahn, S. (1982). Hardiness and Health: A Prospective Study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1), 168–177.

Maddi, S. R. (2002). The Story of Hardiness: Twenty Years of Theorizing, Research, and Practise. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 54(3), 175–185. https://doi.org/10.1037/0022-3514.42.1.168

Marlinda, I. W., Supriyono, Y., & Herani, I. (2015). Hubungan Hardiness Dengan Locus of Control Eksternal Pada Mahasiswa. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(1).

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Nurmala, M., & Wibowo, A. R. (2020). Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 13–23. https://doi.org/10.30870/jpbk.v5i2.10108

Nurcahyo, F. A., & Valentina, T. D. (2020). Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi? Studi Kualitatif Kesejahteraan Psikologis. Psikologi Positif Menuju Mental Wellness, 136–144.

Pertiwi, W. (2019). Hubungan Antara Hardiness Dan Prokrastinasi Akademik Pada Pengurus Inti Organisasi Mahasiswa Tingkat Universitas Di Universitas Ahmad Dahlan [Universitas Ahmad Dahlan]. In Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan: Yogyakarta

Rachman, A., & Indriana, Y. (2013). Hardiness Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Ditinjau Dari Tingkat Optimisme. None, 2(4), 43–52.

Rahayu, S. (2020). Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi. Universitas Sriwijaya.

Rizmen, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematikan STKIP PGRI. LEMMA: Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, 1(2), 35–48.

Sukadiyanto. (2010). Stress dan Cara mengatasinya. Cakrawala Pendidikan, 29(1), 55–66.

Trifiriani, M, & Agung, I. M. (2018). Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2), 143. https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.3626

Vagni, M., Giostra, V., Maiorano, T., Santaniello, G., & Pajardi, D. (2020). Personal accomplishment and hardiness in reducing emergency stress and burnout among COVID-19 emergency workers. Sustainability (Switzerland), 12(21), 1–18. https://doi.org/10.3390/su12219071


Article Metrics

Abstract view : 1518 times | PDF view : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.