Developmental Age Penyandang Autis Di Surabaya Melalui Bender Gestalt

Puri Aquarisnawati(1*), Andi Maulida Rahmania(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya
(2) Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengindentifikasi atau mengukur developmental age pada penyandang autis melalui bender gestalt. Metode pemilihan subyek penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan teknik sampling jenuh sebanyak 59 siswa.      Developmental age dapat dilihat dari kematangan anak dalam hal sikap, konsep diri, kontrol diri, serta kemampuan untuk menghadapi masalah perseptual motor. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur developmental age anak usia sekolah adalah tes Bender Gestalt, yang diadaptasi dari gambar-gambar Wertheimer dan yang digunakan untuk eksperimen perseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% subyek penelitian memiliki age equivalent yang lebih kecil daripada age level, artinya mayoritas subyek penelitian memiliki kemampuan yang kurang dalam menangkap proses belajar mengajar yang disebabkan adanya koordinasi motorik yang kurang pula, dengan kata lain bahwa subyek penelitian memiliki ketepatan yang rendah dalam merespon stimulus bender gestalt yang diberikan. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar pemberian intervensi kepada penyandang autis supaya lebih efektif dan mencapai hasil intervensi yang optimal.

 

Kata Kunci: Autis, Bender Gestalt, Developmental Age


Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. 1994. DSM IV-TR. Washington DC : American Psychiatric Association

Bender, Lauretta. 1938. A Visual motor Gestalt Test And Its Clinical Use. New York: The American Orthopsychiatric Association.

Cohen, S dan Bolton, P. 1994. Autism : The Facts. New York : Oxford University Press, Inc

Davison, Gerald C., dkk. 2006. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hallahan, D.P., Kauffman, J.M., Pullen, P.C. (2012). Exceptional Learners Twelft Edition. New Jersey, Pearson Education Inc.

Johnson, CP., Myers, SM.& The Council on Children with Disabilities. (2007). Identification and evaluation of children with autism spectrum disorders. Pediatrics Volume 120 no. 5

Kementerian Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak. (2018). Hari Peduli Autisme Sedunia : Kenali Gejalanya, Pahami Keadaannya. [online]. Diakses pada 13 Maret 2021 diambil dari https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1682/hari-peduli-autisme-sedunia-kenali-gejalanya-pahami-keadaannya#:~:text=Sedangkan%20di%20Indonesia%20tidak%20ada,penduduk%20(BMJ%2C%201997).

Koppitz, EM. 1963. The Bender Gestalt Test for Young Children, Volume I, Research and Application. New York : Grune & Stratton, Inc.

Koppitz, EM. 1963 – 1973. The Bender Gestalt Test for Young Children, Volume II, Research and Application. New York : Grune & Stratton, Inc.

Lord & Bailey. 2002. Handbook of Autism and Pervasive Developmental Disorder. Third Edition. John Wiley & Sons. Inc.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Jilid kesatu. Depok: LPSP3 UI

Oakland, T., Douglas, S., & Kane, H. (2015). Top ten standardized tests used internationally with children and youth by school psychologists in 64 countries: a 24-year follow-up study. Journal of Psychoeducational assessment I-II

Oltmanns, TF & Emery RE. 2013. Psikologi Abnormal. Buku ke 2. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Partosuwido, Sri Rahayu dan Nida Ul Hasanat. 1999. Penggunaan Tes Bender Gestalt Untuk Deteksi Terhadap Gangguan Emosi. Laporan Penelitian. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Park, Y. & Yang, J. (2019). Efficacy of gestalt visual motor integration learning (GVMIL) to improve visual perception in children with autism. Journal of Digital Contents Society Volume 20 No. 5.

Puspitawati, Ira. 1995. Estimasi Kemampuan Visual Motorik Anak-anak Usia 5:00 – 7:00 Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Menggunakan Tes Bender Gestalt. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Suryabrata, S. 1989. Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali Press.


Article Metrics

Abstract view : 339 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.