Hubungan antara Konsep Diri dan Internal Locus of Control dengan Kematangan Karier Pada Siswa SMK “X” Surabaya

Elyda Nur Achya Aryadi(1*), Wiwik Sulistiani(2), Dewi Mahastuti(3),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya: (1). Hubungan antara konsep diri dan internal locus of control dengan kematangan karier pada siswa SMK “X” Surabaya; (2). Hubungan antara konsep diri dengan kematangan karier pada siswa SMK “X” Surabaya; dan (3). Hubungan antara internal locus of control dengan kematangan karier pada siswa SMK “X” Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri (21 aitem, α: 0,876), skala internal locus of control (22 aitem, α: 0.920), dan skala kematangan karier (23 aitem, α: 0,913). Subjek adalah 122 siswa SMK. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling. Teknik analisa hipotesis mayor menggunakan korelasi ganda dan uji hipotesis minor menggunakan product moment. Hasil menunjukkan bahwa: (1). Terdapat hubungan antara konsep diri dan internal locus of control dengan kematangan karier pada siswa SMK “X” Surabaya (r= 0,544>0,148; p<0,01), sumbangan efektif 27,7%; (2).Terdapat hubungan antara konsep diri dengan kematangan karier pada siswa SMK “X” Surabaya (r= 0,538>0,148; p<0,01), sumbangan efektif 28,9%; dan (3). Terdapat hubungan antara internal locus of control,  (r= 0,176 > 0,148; p<0,01), sumbangan efektif 3,1%. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi dalam mengatasi permasalahan kematangan karier pada SMK.

 

Kata Kunci: konsep diri, internal locus of control, kematangan karier, siswa SMK


Full Text:

PDF

References


Almaida, Dewani Sheila., dkk. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK Yayasan Pharmasi Semarang. Jurnal Empati, 8 (1), 87-92.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berzonsky, M. D. (2001). Adolescent Development. New York: Mc. Milan Publishing.

Brown, D. (2002). Career Choice and Development. USA: A Wiley Imprint

Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, B. (2006). Career Maturity of Indian Adolescents as A Function of Self-Concept, Vocational Aspiration and Gender. Journal of the Academy of Apllied Psychology, 32 (2), 127-134.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Jakarta. Erlangga.

Levenson, Hanna. (1981). Differentiating Among Internalit, Powerful Others, and Chance. Journal Research with The Locus of Control Construct, Vol. 1, Academic Press.

Naidoo, T. (1998). Career maturity: a review of four decade of reasearch. Diambil pada tanggal 17 Juli 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/234581603_Career_Maturity_A_Review_of_Four_Decades_of_Research

Noor, Juliansyah. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Thesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugroho, Sandi Riawan. (2014). Pengaruh Locus of Control dan Konsep Diri terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil pada tanggal 01 September 2019 dari https://eprints.uny.ac.id/20185/

Prahesti & Widyana. (2018). Hubungan antara Locus of Control Internal dengan Kematangan Karir pada Siswa SMK Kelas XII. Naskah Publikasi. Diambil pada tanggal 25 Agustus 2019 dari http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2392/

Priyatno, Duwi. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Pratama, B. D. & Suharnan. (2014). Hubungan antara Konsep Diri dan Internal Locus of Control dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3 (3), 213-222.

Puspitasari, A. D. (2017). Hubungan Antara Locus of Control Internal dengan Kematangan Karir Siswa di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Volume 3, Nomer 7.

Risa, Suryanti. (2011). Hubungan antara Locus Of Control Internal dan Konsep Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret. Diambil pada tanggal 15 Juli 2019 dari https://eprints.uns.ac.id/7560/

Santrock, J.W. (2007). Adolescence: Perkembangan Remaja (Edisi ke-11). Alih Bahasa: S. Adelar dan S. Saragih. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sharf, Richard. (2006). Applying Career Development Theory to Counselling (4th edition). California: Brooks/Cole Publishing Company.

Sugiyono. (2015). Statistik Non-Parametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, W., Handoyo, S. (2018). Career Adaptability: The Influence of Readiness and Adaptation Success in the Education Context: a Literature Review. Proceeding of 3rd Asean Conference on Psychology, Counseling and Humanities (AC-PCH 2017).

Super, D. E. (1980). A Life-Span, Life Space Approach to Career Development. Journal of Vocational Behavior, 16 (1), 282-298.

Supratiknya, Agustinus. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diambil pada tanggal 17 Juli 2020 dari http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional


Article Metrics

Abstract view : 664 times | PDF view : 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.