Persepsi Kompetensi Komunikasi, Respon Audiens dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum

Bawinda S. Lestari(1*), Joniarto Parung(2), Frikson C. Sinambela(3),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Seiring perkembangan usia, perkembangan berkomunikasi juga mengikuti. Kebutuhan komunikasi pada anak-anak  hingga  dewasa juga mengalami perkembangan. Salah satunya adalah berbicara di depan umum, tetapi sistem pengajaran di Indonesia saat ini masih menganut satu arah, sejak Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas, siswa kurang mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum, sehingga berdampak pada saat kuliah. Sistem pendidikan di Indonesia berbeda dengan sistem pendidikan di Amerika yang berbasis diskusi, mengakibatkan siswa Indonesia malu untuk berbicara di depan umum, mereka cenderung diam dan tidak berani mengemukakan pendapatnya. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti ingin mengkaji hubungan persepsi kompetensi komunikasi, respon audiens dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif signifikan antara persepsi kompetensi komunikasi, respon audiens  dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Kesimpulan pada penelitian ini adanyaantara  hubungan persepsi kompetensi komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Ada hubungan negatif antara respon audiens dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa.

 

Kata Kunci: persepsi kompetensi komunikasi; respon audiens; kecemasan                                      

 


Full Text:

PDF

References


Aryadillah. (2017). Kecemasan dalam public speaking (studi kasus pada presentasi makalah mahasiswa). Jurnal Cakrawala, Vol XVII.

Bassett, R., Behnke, R. R., Carlile, L. W., & Rogers, J. (1973). The effects of positive and negative audience responses on the autonomic arousal of student speakers. Southern Journal of Communication, 38 (3), 255–261.

Behnke, R. R. & Beatty, M. J. (1981). Acognitive‐physiological model of speech anxiety. Communications Monographs. 48(2), 158–163.

Finn, Amber N., Sawyer, Chris R., & Behnke, Ralph R. (2009). A model of anxious arousal for public speaking. Communication Education, 58(3), 417–432. https://doi.org/10.1080/03634520802268891

MacIntyre, Peter D., & MacDonald, J. Renée. (1998). Public speaking anxiety: Perceived competence and audience congeniality. Communication Education, 47(4), 359–365. https://doi.org/10.1080/03634529809379142

McCroskey, J. C. (1984). The communication apprehension perspective. Avoiding Communication: Shyness, Reticence, and Communication Apprehension, pp. 13–38.

Moreale, SP., Spitzberg, BH., and Barge, JK. (2007). Human Communication (Motivation, Knowledge, and Skill) (Second). Holly J. Allen.

Munz, Stevie, & Colvin, Janet. (2018). Communication Apprehension: Understanding Communication Skills and Cultural Identity in the Basic Communication Course. Basic Communication Course Annual, 30(1), 10.

Pertaub, David Paul, Slater, Mel, & Barker, Chris. (2002). An experiment on public speaking anxiety in response to three different types of virtual audience. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 11(1), 68–78. https://doi.org/10.1162/105474602317343668

Peter D. Maclntyre and J. Renee MacDonald. (1998). Public Speaking Anxiety :Perceived Compentence and Audience Congeniality. Communication Education, Volume 47.

Sandy Hsu, Chia Fang. (2009). The relationships of trait anxiety, audience nonverbal feedback, and attributions to public speaking state anxiety. Communication Research Reports, 26(3), 237–246. https://doi.org/10.1080/08824090903074407

Sirait, C. .. (2013). The Power of Public Speaking. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. (1984). Interpersonal communication competence. Beverly Hills: CA: Sage.


Article Metrics

Abstract view : 507 times | PDF view : 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.