Peran Ayah dalam Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh

Tien Asmara Palintan(1*), Emilia Mustary(2), Novita Ashari(3), Dwi Safitri(4),

(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
(3) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
(4) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran ayah dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan anak selama masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek 6 orang ayah yang memiliki anak berusia 6 sampai 8 tahun. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menggambarkan berbagai peran yang ayah lakukan selama mendampingi anak dalam proses pembelajaran jarak jauh. Sebagian besar subjek menjalankan peran sebagai guru di rumah selama PJJ. Ayah juga berperan dalam menyediakan berbagai fasilitas belajar anak serta memberikan motivasi dan arahan kepada anak selama menjalankan proses PJJ. Keputusan yang diambil oleh ayah memberikan pengaruh terhadap aktivitas PJJ. Selain itu, ayah memberikan keteladan dan selalu berdoa untuk kebaikan anak selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

 

Kata Kunci: Peran Ayah, Pembelajaran Jarak Jauh


Full Text:

PDF

References


Adamsons, Kari, and Sara K. Johnson. 2013. “An Updated and Expanded Meta-Analysis of Nonresident Fathering and Child Well-Being.” Journal of Family Psychology 27(4):589–99.

Aryanti, P., Oktavianto, E., & Suryati, S. 2019. “Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kelekatan Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad 12(2):83–94.

Ashari, Budi. 2018. Sentuhan Parenting. Jogjakarta: Pustaka Nabawiyah.

Diadha, Rahminur. 2015. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Edusentris 2(1):61.

Elia, Heman. 2018. “Peran Ayah Dalam Mendidik Anak.” Veritas : Jurnal Teologi Dan Pelayanan 1(1):105–33.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2(2):81–89.

Fitriyani, Listia. 2015. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak.” Lentera 17(1):93–110.

Hidayati, Farida, Dian Veronika Kalooeti, and Karyono. 2015. “Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak.” Jurnal Psikologi UNDIP 9(2):81.

Hurlock, Elisabeth. 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Irma, Cintya Nurika, Khairun Nisa, and Siti Khusniyati Sururiyah. 2019. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Masyithoh 1 Purworejo.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):214.

Kamila, Ismi Isnani, and Mukhlis. 2013. “Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau Dari Keberadaan Ayah.” Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau 9(Desember):100–112.

Permatasari, Andalusia Neneng, Dinar Nur Inten, Wiliani Wiliani, and Kelik Nursetiyo Widiyanto. 2020. “Keintiman Komunikasi Keluarga Saat Social Distancing Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):346.

Rakhmawati, Istina. 2015. “Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak.” Jurnalbimbingan Konseling Isla 6(1):1–18.

Rohita, Rohita. 2020. “Pengenalan Covid-19 Pada Anak Usia Prasekolah: Analisis Pada Pelaksanaan Peran Orangtua Di Rumah.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):315.

Saepudin, Juju. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta: Press, Litbangdiklat.

Sutia, Cece, and Sylva Sagita. 2020. “Tanggapan Siswa , Orang Tua Dan Guru Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Students , Parents and Teachers ’ Responses to Distance Learning During The Covid-19 Pandemic.” Jurnal Inspirasi 19(2):156–65.


Article Metrics

Abstract view : 631 times | PDF view : 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.