Hubungan Antara Self Presentation Pada Media Sosial Dan Pembentukan Identitas Diri Pada Remaja Akhir

Tenriwali Ridha Rahmah(1*), Nirwana Permatasari(2), Andi Tenri Pada Rustham(3),

(1) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(2) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(3) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Identitas diri merupakan pencapaian pribadi di usia remaja yang dapat diperoleh dengan melakukan eksplorasi dengan lingkungan. Akan tetapi, saat ini proses eksplorasi lebih banyak dilakukan di media sosial salah satunya melalui self-presentation yaitu menampilkan atau mempresentasikan diri dengan tujuan tertentu melalui media internet. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan antara self-presentation pada media sosial dan pembentukan identitas diri pada remaja akhir.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan 359 responden. Adapun kriteria subjek pada penelitian ini ialah remaja yang berusia 18-21 tahun, memiliki media sosial, aktif menggunakan media sosial lebih dari 7 jam dalam sehari, menggunakan media sosial minimal 5 tahun terakhir, dan berdomisili di Makassar. Proses pengambilan data menggunakan skala Extended Version of the Objective Measure of Ego-Identity Status (EOMEIS-2), Self Presentation on Facebook Questionnaire (SPFBQ) dan beberapa pertanyaan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-presentation yang dilakukan oleh remaja akhir di media sosial berhubungan dengan pembentukan identitas diri remaja. Hal ini dikarenakan remaja menggunakan self-presentation sebagai bentuk mengeksplorasi diri melalui media sosial untuk menemukan identitas diri. Hasil penelitian dapat memberikan informasi khususnya pada remaja untuk lebih berhati-hati dalam menampilkan diri di media sosial sebab akan berdampak pada diri remaja.

 

Kata Kunci: Self-presentation; identitas diri; media sosial.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bappenas. (2013). Proyeksi penduduk indonesia 2010-2035. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Basri, M. N. (2016). Perbedaan statuses of identity ditinjau dari orientasi karir mahasiswa tingkat akhir universitas hasanuddin. Skripsi, 1-109.

Benedictus. (2017). Konstruksi diri dan pengelolaan kesan pad ruang riil dan ruang virtual. Jurnal Aspikom 1(1), 26-40.

Berk, L. E. (2012). Development through the lifespan ed.5: dari prenatal hingga remaja (Buku 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erikson, E. (1968). Identity, youth, and crisis. New York: International University Press.

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian media sosial dan self concept pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA 5(1), 30-41.

Fullwood, C., James, B., & Chen-Wilson, C.-H. o. (2016). Self-concept clarity and online self-presentation in adolescents. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking 0(0), 1-6.

Goffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. University of Edinburgh: Social Sciences Research Centre.

Huang, H.-Y. (2014). Self presentation tactics in social media. International Conference On Social Science, 416-421.

Hurlock, E. (2010). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang. Jakarta: Erlangga.

Marcia, J., Waterman, A., Matteson, D., Archer, S., & Orlofsky, J. (1993). Ego identity: a handbook for psychosocial research. New York: Springer Science & Business Media.

Mead, G. (1934). Mind, self and society. Chicago: University of Chicago Press.

Michikyan, M., Dennis, J., & Subrahmanyam, K. (2014). Can you guess who i am? Real, ideal and false self-presentation on facebook among energing adult. Society for the Study of Emerging Adulthood, 1-10.

Morgan, C., & Cotton, S. (2003). The relationship between internet activities and depressive symptoms in a sample of collage freshmen. Cyberpsychology & behavior 62, 133-142.

Mutiara, F. Y. (2018). Pengaruh presentasi diri, dukungan sosial, dan afinitas media sosial terhadap kesejahteraan subjektif pada mahasiswa pengguna instagram. Skripsi, 1-121.

O'Keeffe, G., & Pearson, K. (2011). Clinical report: the impact of social media on children, adolescents, and families. Journal of the American Academy of Pediatrics 127 (4), 800-804.

Papilia, E. D., & Feldman, F. T. (2014). Menyelami perkembangan manusia; experience human development. Jakarta: Salemba Humanika.

Prayudi, S. (2014). Fenomena penggunaan smartphone di kalangan pelajar di smp islam athirah i makassar. Skripsi, 1-70.

Restulangi, A. (2015). Dampak media sosial facebook pada kehidupan. Skripsi, 1-68.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online 6(4), 1-12.

Santoso, H. (2009). Analisis korelasi berdasarkan koefisien kontingensi c menurut cramer dan simulasinya. Skripsi, 1-99.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.

Siegel, S. (1986). Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia.

Sihaloho, R. P. (2019). Hubungan antara self awareness dengan deindividuasi pada mahasiswa pelaku hate speech. Jurnal Ilmiah Mandala Education 5(2), 114-123.

Smith, L., & Sanderson, J. (2015). I’m going to instagram it! An analysis of athlete self-presentation on instagram. Journal of Broadcasting & Electronic Media 59(2), 342-358.

Stern, S. (2002). Adolescent girl's home pages as sites for sexual self-expression. Sexual Selves On The World Wide Web, 265-285.

Sudjana. (1996). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2015). Psikologi sosial edisi kedua belas. Jakarta: Kencana.

Trukle, S. (1995). Chapter 7: aspects of the self from life in the screen: identity in the page of internet. New York: Simon & Schuster.

Vaast, E. (2007). Playing with masks fregmentation and contonuity in the presentation of selff in an occupational online forum. Information Technology & People 20 (4), 334-351.

Websindo. (2019, Januari 30). Digital 2019 Indonesia. Diambil kembali dari Websindo: https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/

Yang, C.-c., & Brown, B. B. (2016). Online self-presentation on facebook and self development. Youth Adolescence 45, 402–416.


Article Metrics

Abstract view : 2432 times | PDF view : 502 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.