PENGARUH MEDIA MATRIX WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH LOKAL SISWA KELAS XI MAN IC GOWA
(1) Universitas Cendrewasih
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v4i3.53919
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan sejarah lokal yang sering terabaikan dibanding dengan sejarah nasional, sehingga peneliti mencoba memadukan dua tema sejarah dalam satu media pembelajaran yang disebut dengan Matriks waktu. Media ini menampilkan garis lurus kemudian pada sisi kanan terdapat penjelasan peristiwa lokal, pada sisi kiri terdapat sajian peristiwa nasional. Pada saat guru mengajar sejarah nasional, pada saat yang sama juga sedang mengajarkan peristiwa lokal. Penelitian ini dilakukan di MAN Insan Cendekia Gowa Kelas XI dengan rasionalitas penyajian peristiwa lokal (gowa) dan nasional yang ada di daerah tersebut. Untuk menguji pengaruh media Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan model true eksperimen desain. Adapun hasil penelitian ini menujukkan hasil sebagai berikut: hasil pre test siswa sebelum penerapan media matrix waktu sejarah lokal adalah sebagai berikut, Mean 85,75 dari 24 siswa. Setelah dilakukan penerapan hasil belajar rata-rata siswa 97,74. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media matrix waktu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Gowa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alan J. Lichtman dan V. Frenc, Historian and The Living Past, Arlington Height: Harlan Davidson, 1978.
Daymond, David, 2006. Penulisan Sejarah Lokal Terjemahan Nana Nurliana, Penerbit Direktorat Nilai Sejarah
Hariyono, 2017, Sejarah Lokal : Mengenal Yang Dekat, Memperluas Wawasan , Jurnal Sejarah dan Budaya, Penerbit Universitas Negeri Malang
Kementrian Penerangan. (1953). Republik Indonesia Provinsi Sulawesi.
Kurikulum 2013. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan. J-Dinamika, 2(2).
Latif, Adnan, (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Sleman-Yogyakarta, Penerbit Erhaka Utama
Padli, F., Rusdi, R., & Hendra, H. (2022). Strategi Guru Geografi Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Online. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 11-20.
Miftahuddin, 2020, Metodologi Penelitian Sejarah Lokal, Yogyakarta, UNY Press
Poesponegoro, M., & Notosusanto, N. (1984). Sejarah Nasional Indonesia. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=P05IAAAAMAAJ&oi=fnd&pg=PA101&dq=sejarah+nasional&ots=DWGn03UQ0p&sig=lU5xTYH6O1Hh7H4sEzMpyLM4_4s
Rusdi, R., Adeyemi, A. T., & Padli, F. (2023). Local Community Adaptation to Flood Disaster In Soppeng District. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 4(1), 84-91.
Soedjatmoko. 1984. Etika Pembebasan. Jakarta: LP3ES
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Penerbit Alfabeta
Article Metrics
Abstract view : 114 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kulyasin Kulyasin, ahmad subair,

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.