PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK

Ita Purnamasari(1), Supriadi Torro(2*), Zainal Arifin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v4i2.44519

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning di Madrasah Aliyah DDI Kanang. 2) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 123 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 22.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning di Madrasah Aliyah DDI Kanang berada pada kategori “Sedang” dengan nilai rata-rata 56,33 pada interval nilai 51-60 dan nilai persentase 56,3%. 2) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang. Berdasarkan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa bahwa nilai t hitung = 15,160 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, maka regresi linear sederhana dapat dipakai untuk memprediksi variabel model pembelajaran problem based learning atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 4,565 > 1,667 yang menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh terhadap variabel prestasi belajar siswa dengan nilai R sebesar 0,558 dan nilai R Square sebesar 0,312. Berarti Ha diterima dan Ho ditolak, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang.  

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual: Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Firmansyah, A., & Torro, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Sosiologi Semester II Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai . Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 2.

Hamid, R., Ahmad, H., & Apriani, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 3-6.

Hasniar, & Arifin, Z. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Di SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 33.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karwono & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sulistiawati, A., & Nasution, K. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Telaah Pendekatan Struktural Fungsional Talcott Parsons. Jurnal Papeda, 29-30.

Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Depok : Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ita Purnamasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


              
 Office of Social Lanscape Journal: